Iklan Yanmar di Old Trafford saat Manchester United (MU) menjamu Hull City pekan lalu jadi bahan guyonan. Apakah yang bikin lucu? Tentu saja bukan soal supir Uber yang dapat pesanan dari mantannya atau soal hashtag #WanPerfekSyot yang bisa bikin kita sakit perut itu.

Yang bikin kocak adalah tulisan “Yanmar, The Official Tractor of Manchester United” yang tertera di papan iklan digital stadion berjuluk “Theatre of Dreams” itu. Sontak, hal ini jadi perhatian dan bahan olokan di dunia maya terutama oleh para fans MU di Inggris sana.

The banner at Old Trafford
Traktor resmi MU! (The Sun)

Sepintas tulisan tersebut tidak membuat kita tertawa. Tapi jika kita telaah bagaimana klub-klub pesaingnya memiliki sponsor maskapai penerbangan, maka hal tersebut bisa mencerminkan adanya penurunan kelas bagi MU.

Fly Emirates dan Etihad menjadi sponsor resmi Arsenal dan Manchester City. Tulisan “The Official Airlines of Arsenal” atau “The Official Airlines of Manchester City” sangatlah pas apabila ditemukan di markas mereka.

Kita bisa membayangkan bagaimana para pemain Arsenal dan City kemana-mana naik pesawat yang disediakan khusus oleh pihak maskapai. Ini lho, pesawat resmi klub Arsenal dan City, besar dan mewah.

Kemudian, ketika ada tulisan “The Official Tractor of Manchester United” maka terkesan para pemain MU ini akan berpergian menjalani laga tandang dengan traktor. Ya, traktor!

Jelas itu tidak akan kejadian. Bisa-bisa baru sampai markas lawan ketika lebaran kuda, kapan sampainya.

Hasil gambar untuk man city etihad plane

Hasil gambar untuk arsenal fly emirates
Terasa perbedaannya?

Gambar terkait

 

 

 

 

Jika kita bandingkan, pesawat merupakan kendaraan pengangkut penumpang yang bisa bersifat komersil. Itulah mengapa, strategi Fly Emirates dan Etihad menggaet klub Liga Inggris agar punya brand value yang tinggi dan mampu mendapatkan ceruk pasar dari suporter yang fanatik.

Sedangkan traktor, biasa digunakan para petani untuk membajak tanah. Model bisnisnya berupa B2B (Business to Business) dan bukan diperuntukan pelanggan komersil.

Memang, Yanmar yang merupakan perusahaan asal Jepang bukanlah sponsor utama “Setan Merah” yang terpampang di dada “roti sobek” Michael Carrick dan kawan-kawan. Namun, tulisan “The Official Tractor of Manchester United” tetap memberikan kesan lucu di mata para netizen yang suka sok tahu itu.

Yanmar juga sebenarnya sudah lama menjadi sponsor MU, yakni sejak 2012. Mereka bergabung bersama 70 brand lainnya yang menjadi sponsor “The Red Devils“. Namun, baru kali ini iklan Yanmar bertulisan aneh tersebut muncul di Old Trafford.

Sebelumnya, Yanmar hanya menaruh logo saja di papan iklan digital Old Trafford bagian tribun Stretford End, tanpa ada embel-embel apapun.

Iklan Yanmar bulan November lalu. (Twitter: @YanmarEnginesUK)

Dipasarkan di Thailand

Yanmar memanfaatkan kebesaran nama MU memang bukan untuk pasar Inggris, Belanda, apalagi Vanuatu, melainkan Thailand yang menjadi negara yang dituju.

Saat mengumumkan perpanjangan kontrak kerja sama, Maret tahun lalu, Yanmar meluncurkan traktor edisi khusus bernama Tractor X Manchester United EF514MU. Kendaraan yang jarang dipakai untuk pacaran itu memiliki logo dan warna khas “Setan Merah”.

“Thailand adalah pasar terpenting bagi Yanmar dan cara terbaik mengirimkan pesan kuat kami untuk menjadikan kehidupan orang-orang di Thailand lebih makmur adalah berkolaborasi dengan Manchester United,” ujar Manajer Umum Yanmar, Ken Araki, ketika itu.

Bukan hanya Yanmar, sponsor anti-mainstream di dunia sepakbola, MU juga pernah menggandeng pemasok mie, Mamee Noodles, dan perusahaan bantal asal China, Mlily, hingga perusahaan farmasi, Cho-A Pharm Co.

Itulah mengapa, oleh The Sun, kemitraan itu dianggap aneh karena biasanya klub sepakbola menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang memang berhubungan dengan sepakbola atau yang sifatnya B2C.

Jadi, bagi Anda yang berminat jalan-jalan ke Old Trafford, coba hubungi Customer Service Yanmar, barangkali bisa jalan-jalan gratis ke Manchester naik traktor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here