Johan Cruyff menjadi salah satu sosok paling berjasa dalam sejarah klub Barcelona. Untuk menghormati sosok legenda tersebut, “Blaugrana” meresmikan sebuah patung Johan Cruyff dan menjadikan namanya untuk stadion baru milik mereka.

Patung itu sendiri telah diresmikan di dekat stadion baru milik Barcelona. Para petinggi klub disebut menghadiri acara tersebut seperti Presiden Josep Maria Bartomeu dan jajaran direksi, mulai dari Jordi Cardoner, Jordi Moix, hingga Enrique Tombas.

Selain itu peresmian patung juga dilakukan oleh anggota keluarga Cruyff yang hadir di acara tersebut. Sang istri, Danny Cruyff serta kedua anaknya, yakni Susila Cruyff dan Jordi Cruyff terlihat hadir disana.

Sejumlah tamu undangan lain yang turut hadir antara lain eks pemain Barcelona, Carles Puyol, Sergi Barjuan, Albert Ferrer, hingga presiden wilayah Catalonia dan konsulat Belanda di Barcelona.

Sementara tamu tak diundang sepertinya tidak ada yang hadir. Namanya tidak diundang tentu memang tidak diharapkan. Apalagi kalau tamu tak diundang ini tangannya suka jahil.

Masa patung baru diresmikan langsung hilang. Lumayan sih memang karena terbuat dari perunggu. Kalau dijual ke tukang loak bisa dapat berjuta-juta rupiah pastinya.

Patung itu sendiri terbuat dari perunggu dengan tinggi kurang lebih 3,5 meter dan berat 1500 kg.

Cruyff diabadikan dengan pose khasnya yang membentangkan tangan sembari memberi instruksi.

https://twitter.com/brfootball/status/1166093203692351489

“Posisi tersebut tidak hanya mencerminkan karakternya sebagai pemimpin di lapangan, melainkan pula karakternya di luar ketika menjadi pelatih, serta kegiatan amal dan bisnis yang dikembangkan di bawah naungan organisasi World of Johan Cruyff,” tulis keterangan resmi Barcelona seperti dikutip dari Liputan6.

Nama Cruyff juga turut dijadikan nama untuk stadion baru Barca yang bernama Estadi Johan Cruyff. Stadion ini berkapasitas 6000 tempat duduk dan digunakan oleh Barcelona B.

Memang begini kalau menghormati legenda. Dibuatkan patung agar nama mereka selalu diingat dan abadi untuk Barcelona. Jangan malah bikin instalasi enggak jelas kayak macan Cisewu.

Seperti kata pendiri bangsa kita yaitu ‘jasmerah’ alias jangan sekali-kali melupakan sejarah. Apalagi para pahlawan yang telah berjasa.

Nama Cruyff jelas merupakan sosok pahlawan bagi klub Barcelona. Gaya bermain dan filosofi taktiknya menjadi dasar permainan Barcelona saat ini.

Tak hanya untuk Barcelona, Cruyff juga merupakan sosok penting di Ajax Amsterdam dan timnas Belanda.

Sebagai pemain, Cruyff memang tak terlalu sukses di Barcelona dari sisi raihan trofi. Tercatat Cruyff hanya mempersembahkan satu trofi La Liga dan Copa del Rey.

Namun nama Cruyff harum ketika menjadi pelatih Barca pada periode 1988 hingga 1996 silam. Ia sukses mengantar Blaugrana meraih sederet trofi, mulai dari empat gelar La Liga, satu Copa del Rey, hingga satu gelar Piala Champions.

https://twitter.com/Football__Tweet/status/1164858571995209729

Main photo: @johancruyff

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here