Pertandingan terakhir Grup G mempertemukan Inggris dan Belgia yang sudah dipastikan akan lolos ke babak 16 besar. Kedua tim hanya akan memperebutkan posisi pertama atau kedua saja. Pasalnya di dua pertandingan awal, baik Inggris dan Belgia sama-sama meraih poin penuh atas lawannya.

Alhasil kedua tim hanya menurunkan para pemain pelapis saja. Inggris mengganti delapan pemain dari line-up sebelumnya, sementara Belgia mengubah sembilan susunan.

Maklum keduanya sudah pasti lolos, jadi lebih baik menyimpan tenaga ahli para pemain inti. Mau kalah berapa pun skornya juga pasti lolos. Paling-paling hanya malu saja. Kecuali mereka didiskualifikasi.

Namun menggunakan pemain pelapis juga merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan alasan sebelum dicengin karena kalah. Jadi jika kalah pun bisa membela diri dengan berkata wajar sebab memainkan pemain kelas dua.

Pada pertandingan yang digelar di Kaliningrad Stadium, Belgia menyudahi perlawanan Inggris dengan skor tipis 1-0. Kemenangan ini membuat Belgia bersama Uruguay dan Kroasia merupakan tiga tim yang meraih poin sempurna dalam fase grup Piala Dunia 2018 ini. Belgia pun lolos ke babak selanjutnya dengan predikat sebagai juara Grup G.

Di sinilah keburuntungan Inggris datang. Meskipun kalah dan menjadi runner-up grup, Inggris akan masuk ke skema bagan di mana para lawan mereka terhitung tidak terlalu kuat.

Berbeda dengan Belgia yang bakal bertemu dengan timnas-timnas jawara seperti Argentina, Prancis, Brasil, Uruguay, dan Portugal, meski tak ada nama Jerman yang pulang duluan. Sedangkan bagan Inggris ‘hanya’ diisi tim kuat Spanyol. Belgia akan menghadapi Jepang di babak 16 besar, sementara Inggris akan bertemu dengan Kolombia.

https://twitter.com/Sporf/status/1012428908766130182

Meskipun banyak menurunkan pemain pelapis, baik Belgia dan Inggris bermain cukup agresif di menit awal. Tembakan Yori Tielemans yang bukan merupakan personil The Tielmans Brother nyaris saja berbuah gol andai Jordan Pickford hanya diam dan berharap dirinya menghentikan bola dengan kekuatan pikiran seperti Neo di film The Matrix.

Belgia sempat mengancam beberapa kali sebelum akhirnya  tempo pertandingan turun dan menjadi alot macam opak masuk angin.

Inggris sempat mendapat peluang ketika Marcus Rashford mendapatkan peluang di depan gawang. Namun tendangan Rashford dari dalam kotak penalti masih ramah gawang Belgia alias tidak mengancam sama sekali.

Tim asuhan Roberto Martinez akhirnye menciptakan gol di menit ke-51 melalui Adnan Januzaj. Dari samping dalam kotak penalti, ia melepaskan tendangan ala Coutinho atau Arjen Robben yang pencetannya adalah kotak+R2 kalau bermain PES.

https://twitter.com/_WorldCupStats/status/1012428172011425792

Gol cantik tersebut namun kalah cantik lagi ketika Mitchy Batshuayi yang melakukan selebrasi dengan menendang bola, mendapat ciuman mesra balik dari bola. Untung saja lolos tayang dari Komisi Penyiaran Indonesia dan tidak disensor.

Rashford kembali mendapatkan kesempatan di depan gawang pada menit ke-66. Sekali lagi Rashford membuktikan bahwa dirinya ramah gawang Belgia dengan rajin membuang peluang.

Danny Welbeck yang dimasukan di menit akhir tak juga membuat banyak perubahan. Hingga akhir pertandingan skor 1-0 tetap bertahan untuk keunggulan Jerman.

Terkait keputusannya untuk merotasi pemain, Gareth Southgate mengatakan bahwa hal tersebut adalah penting demi menghindari pemain inti dari bahaya cedera.

https://twitter.com/TheMasterBucks/status/1012414652494430208

“Orang-orang akan bilang itu adalah keputusan tepat kalau kami menang, tapi itu adalah keputusan tepat karena kami bisa saja menjalani pertandingan sampai perpanjangan waktu dan membahayakan pemain yang tak perlu kami bahayakan,” ujar Southgate

Sementara itu Roberto Martinez menanggapi Belgia yang masuk skema bagan tim-tim sulit dengan dingin. Ia percaya bahwa timnya siap untuk melawan siapa pun ke depannya. “Kami harus melaju selangkah demi selangkah, tetapi saya kira kami bisa menghadapi siapapun yang ada di depan kami,” ujar Martinez dikutip dari Bola.com.

Main photo: allamericanthings.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here