Portugal melaksanakan laga persahabatan kontra Aljazair jelang bergulirnya Piala Dunia 2018. Tanpa kesulitan berarti tim asuhan Fernando Santos berhasil mengalahkan Aljazair. Biasa saja memang. Aneh justru kalau Portugal yang malah dibantai. Bermain di rumah sendiri pula.

Goncalo Guedes berhasil mencuri perhatian pada malam itu secara terang-terangan. Tidak takut dia mencuri dari seisi stadion. Pemain berusia 21 tahun tersebut mencetak dua gol yang membantu Portugal menang 3-0 atas Aljazair.

Pada pertandingan yang digelar di Estadio da Luz, Portugal tampil mendominasi atas tamunya. Mereka berhasil melepaskan 18 tembakan yang tidak semuanya diterima. Usaha yang gigih dan patut ditiru.

Tujuh di antaranya mengarah ke gawang dan empat berhasil diterima oleh sang kiper Aljazair. Sementara itu tim tamu melepaskan delapan tembakan saja dengan dua yang mengarah ke sasaran.

Cristiano Ronaldo dan teman-temannya yang pakai baju sama semua macam anak sd sedang study tour, langsung menekan sejak menit awal pertandingan. Ronaldo bahkan sempat mencetak gol di menit kesembilan. Sayang sekali Ronaldo kena lagunya Matta Band yaitu “wo-o, kamu ketahuanoff-side, sehingga gol dianulir.

Gol pertama dari Portugal akhirnya baru tercipta di menit ke-17. Bernardo Silva yang menyambut umpan panjang dengan cerdik langsung menyundul bola ke arah Guedes. Dengan tendangan kepeleset meski lapangan tidak habis dipel, ia berhasil menaklukkan kiper Abedlkader Salhi.

Aljazair kesulitan untuk mengembangkan permainan sepanjang pertandingan. Mereka dipaksa bertahan tanpa satu C.I.N.T.A nyaris sepanjang babak pertama. Portugal akhirnya kembali memperbesar keunggulan berselang 20 menit kemudian.

https://twitter.com/TrollFootball/status/1004841426419527680

Berawal dari pergerakan Ronaldo di sayap kiri, ia melepaskan umpan matang yang bisa langsung disantap oleh siapapun. Tanpa ragu, Bruno Fernandes melahap umpan tersebut dengan sebuah sundulan alis kiri. Portugal unggul 2-0 atas Aljazair hingga akhir babak pertama.

Babak kedua lalu dilanjutkan setelah para pemain melakukan istirahat sebentar. Kalau dikasih waktu istirahat lama takutnya malah pada pulang dan tidur siang dulu soalnya. Baru 10 menit, Portugal kembali mencetak gol melalui Guedes.

Berawal dari usaha Raphael Guerreiro yang namanya mirip dengan karakter-karakter film kartel, ia mengirimkan umpan lambung ke dalam kotak penalti. Guedes yang kalau sedang melompat kakinya bisa tidak menapak tanah kemudian menyundul bola tersebut. Portugal memperbesar keunggulan menjadi 3-0.

Aljazair sangat kesulitan untuk membuat peluang di laga ini. Usaha mereka selalu digagalkan barisan pertahanan Portugal yang stand by macam satpam komplek.Hingga pertandingan berakhir, keunggulan 3-0 untuk Portugal tidak berubah.

Pelatih Portugal, Fernando Santos menyambut baik kemenangan tersebut. Menurutnya beberapa hal harus ditingkatkan namun timnya sudah bermain dengan baik.

“Ada beberapa hal bagus dan banyak yang harus ditingkatkan, tetapi 20 menit pertama sangat bagus. Dari total 23 pemain, semuanya siap untuk dimainkan, itu adalah hal yang paling penting,” seperti dikutip dari Eurosport.

Main photo: Twitter

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here