Perjalanan Marco Giampaolo di kursi jabatan pelatih AC Milan berakhir sudah. Giampaolo resmi di-PHK oleh AC Milan setelah serangkaian hasil buruk yang didapat sejak awal musim.

Giampaolo sebenarnya baru diangkat sebagai pelatih Milan pada awal musim ini menggantikan Gennaro Gattuso. Diharapkan membawa Milan yang kondisi internal klubnya sedang labil macam ABG baru masuk SMA, ternyata sebaliknya yang terjadi.

Performa Milan cukup berantakan layaknya kamar kos-kosan anak kuliah semester 11 yang belum lulus-lulus. Bahkan nama seperti Krzysztof Piatek dan kawan-kawannya hanya mampu mencetak enam gol serta kebobolan sembilan gol.

Dari tujuh pertandingan yang dijalani Milan di Serie A, empat di antaranya berakhir dengan nol poin alias kekalahan.

Alhasil Milan yang dalam beberapa musim lalu menunjukan performa kocak, kini jadi amburadul. Mereka bertengger di peringkat keempat dari bahwa alias posisi ke-16 pada pekan keenam. Hanya berjarak dua posisi dari zona degradasi.

Kemenangan atas Genoa lewat pertandingan ‘berdarah-darah’ akhir pekan lalu sempat mengangkat Milan naik ke urutan ke-13 dengan sembilan poin.

https://twitter.com/brfootball/status/1181629430889926657

Tapi kemenangan tersebut tak mampu menyelamatkan Giampaolo dari pemecatan. Lina Jobstreet kembali menunggu Giampaolo yang resmi menganggur setelah kontraknya diputus Milan.

“AC Milan mengumumkan bahwa Marco Giampaolo telah dibebastugaskan dari posisinya sebagai pelatih tim utama,” demikian bunyi pernyataan Milan dikutip dari Detik.

Pemecatan Giampaolo sendiri membuatnya memecahkan rekor baru dalam sejarah klub. Ia menjadi manajer tercepat yang dipecat Milan. Total hanya 111 hari mantan pelatih Sampdoria tersebut menangani “Rossoneri”.

Walau dipecat, setidaknya ada rekor. Mungkin bisa didaftarkan ke MURI, siapa tahu nanti diberi penghargaan langsung oleh Jaya Suprana.

Dalam beberapa tahun terakhir, Milan jadi salah satu tim yang paling gemar gonta-ganti manajer. Tercatat dari tahun 2014 silam, sudah ada tujuh pelatih yang berada di kursi kepelatihan Milan.

Sejumlah nama disebut-sebut sudah disiapkan sebagai pengganti Giampaolo. Belakangan Milan dikabarkan akan merekrut Stefano Pioli.

Main photo: twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here