Seperti tidak mau kalah dengan negara lain yang telah mengumumkan daftar pemain yang dibawa untuk Piala Dunia, Inggris pun melakukan hal yang sama. Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, telah memastikan 23 nama yang akan ikut ke Rusia nanti. Namun sejumlah kejutan diberikan pelatih yang tanpa les di LIA sudah jago bahasa Inggris tersebut.

Keputusan mengejutkan pertama dibuat Southgate dengan tidak memangggil sejumlah nama beken diantaranya Joe Hart dan Jack Wilshere. Sedangkan nama-nama seperti David Beckham maupun David Seaman memang tidak dipanggil karena sudah berumur.

Kejutan kedua adalah pemanggilan sejumlah nama baru seperti bek muda Liverpool bernama Trent Alexander-Arnold yang baru seumur jagung atau tiga tahun lebih muda dari Anya Geraldine. Entah kenapa Southgate alias ‘Gerbang Selatan’ ini memberikan banyak kejutan pada pengumuman itu.

Hal yang menarik adalah bahwa bek berusia 19 tahun tersebut belum pernah bermain untuk timnas Inggris senior. Apalagi timnas Brasil senior. Ia hanya sempat mengikuti sesi latihan bersama tim senior sejak April 2018 saja. Menurut Southgate, Alexander-Arnold memenuhi kriteria pemain yang dia butuhkan untuk menghadapi Piala Dunia.

Tidak dia jelaskan lebih lanjut kriteria seperti apa yang dia inginkan. Biasanya yang tipe-tipe humoris, setia, dan sering menabung adalah idaman banyak orang. Bek Liverpool tersebut dinilai Southgate telah bermain bagus sepanjang musim bersama klub berlambang macam kecap Bango tersebut.

“Alexander-Arnold akan menjadi full back terbaik Inggris pada masa mendatang. Performanya sangat luar biasa, dia nyaman bermain dalam tekanan dan memiliki pribadi yang kuat. Liverpool memasang standar tinggi pada musim 2017-18. Jurgen Klopp telah menemukan pemain yang tepat untuk timnya,” ujar Southgate dikutip dari Liputan6.

Bersama “The Reds”, Alexander-Arnold telah mencatatkan 19 penampilan di Premier League. Dirinya pun diperkirakan akan bermain sejak awal pada partai final Liga Champions nanti melawan Real Madrid.

“Trent Alexander-Arnold akan bermain di final Liga Champions. Pengalaman tersebut sangat berguna untuk kariernya. Meskipun masih muda, Alexander-Arnold telah menunjukkan kalau ia siap mewakili timnas Inggris,” ungkap Southgate.

Southgate yang merupakan mantan pelatih timnas Inggris junior memberikan kepercayaan kepada banyak pemain muda di timnas Inggris ini. Alhasil tim ini menjadi skuat termuda ketiga Inggris selama Piala Dunia dengan rata-rata usia 26 tahun dan 18 hari.

https://twitter.com/FTalentScout/status/996819229088387073

Main photo: theanfieldwrap.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here