Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate yang biasa diartikan dengan “Gerbang Selatan” itu menampilkan formasi unik kala menjamu Belgia dalam lanjutan UEFA Nations League.

Southgate menurunkan 3 bek kanan sekaligus dalam laga tersebut. Yakni Kieran Trippier, Trent Alexander-Arnold, dan Kyle Walker. Hasilnya? Inggris mampu menang 2-1.

Bodoh sekali Belgia ini, sudah tahu Inggris bek kanannya ada tiga, harusnya mereka menyerang dari sisi kiri pertahanan Inggris, atau sisi kanan mereka. Kalau di kanan ada 3 bek sekaligus, berarti kan sisi kirinya lowong sekali.

Ternyata tidak sesimpel itu, Ferguso. Southgate rupanya memasang 3 bek tengah di mana Walker dijadikan sebagai bek tengah bersama Harry ‘Lord’ Magure dan Eric Dier.

Sedangkan Trippier dijadikan sebagai wing back kiri yang siap naik turun. Kemudian Alexander-Arnold lah yang terpilih untuk tetap berada di posnya sebagai wing back kanan.

Jadi, pada praktik di lapangan si Southgate ini pakai 3-4-3 yang ternyata hasilnya cukup memuaskan. Mampu mengalahkan ‘the golden generation’-nya Belgia.

Romelu Lukaku sebenarnya mampu membawa Belgia unggul duluan setelah dirinya dijatuhkan Dier di kotak penalti. Dengan gaya ajag-ijig, Lukaku menendang penaltinya dengan ganteng maksimal.

Tak lama kemudian gantian Belgia yang dihukum penalti. Rada kurang clear sebenarnya, karena Thomas Meunier dianggap menarik Jordan Henderson. Namun posisi Henderson sebenarnya tidak berlari ke arah bola. Ya sudah, pokoknya penalti kata sang wasit.

Kali ini Marcus Rashford yang melakukannya. Dengan ancang-ancang standar, Rashford menendangnya ke arah berlawanan kiper Simon Mignolet.

Inggris sukses mengunci kemenangan lewat tendangan deflect Mason Mount pada menit ke-64. Ya ada unsur-unsur enggak sengaja juga, kalau enggak deflect mungkin belum tentu gol.

Setelah tertinggal ada perasaan berbeda dan semuanya terasa sedikit lebih tenang setelah kami mencetak gol,” ujar Gerbang Selatan dikutip Bola.com.

“Anda tidak mendapatkan banyak peluang di level permainan ini, tetapi kami memang menciptakan peluang. Tetapi secara defensif Anda harus tepat sasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here