Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, akhirnya membuka mulutnya sendiri. Bukan karena dia lapar atau kehausan, tapi buka suara mengenai gelandangnya, Yaya Toure, yang kini seperti gelandangan.

Selama di bawah asuhan Pep, Toure memang sudah kayak gelandangan tanpa tujuan. Nasibnya luntang-lantung tidak jelas, beruntung kehidupannya masih di atas garis kemiskinan.

Pemain berwajah ganteng produktif itu lebih banyak dicadangkan oleh Pep. Di Liga Primer saja dia cuma main sembilan kali. Coba bayangkan, dalam sembilan bulan cuma main sembilan kali, berarti dia cuma main sebulan sekali. Macam arisan ibu-ibu komplek saja.

Pep memang sepertinya tidak cocok dengan permainannya Toure. Soalnya waktu di Barcelona, pemain berkaki panjang itu juga jarang dimainkan. Makanya pindah ke City.

Lha apesnya, Pep kini ikut pindah ke City. Jadilah Toure terpinggirkan lagi. Curiga nanti Toure pindah main ke klub Gambia, Pep bakalan ikut juga.

Publik lalu menduga ada sesuatu antara Pep dan Toure. Ada dusta di antara mereka berdua. Namun, Pep sudah menepis rumor tak sedap tersebut. Meski dirinya mengakui kalau itu merupakan kesalahannya dengan jarang memainkan Toure.

“Jika saya tak menyukainya, mana mungkin dia berada di sini bersama saya? Musim ini, saya membuat keputusan berdasarkan apa yang saya lihat, mungkin saya salah, mungkin tidak,” ucap pelatih yang jarang sisiran tersebut, di-copas Liputan6.

Lebih lanjut, Pep memuji Toure sebagai sosok pria dewasa yang baik dan tidak sombong. Mungkin juga rajin menabung dan menyiram tanaman. Pokoknya sebagai gelandang sudah tak diragukan lagi.

Tapi mungkin usia yang jadi soal. Toure saat ini sudah berumur 34 tahun. Seperti diketahui, Pep membuang pemain-pemain berkepala tiga seperti Bacary Sagna, Pablo Zabaleta, dan Aleksandar Kolarov pada musim panas tahun lalu. Masih untung yang dibuang bukan yang berkepala naga.

“Kami harus membuat keputusan, terkadang itu bagus, terkadang tidak. Namun ketika para pemain adalah orang baik, saya selalu mengharapkan yang terbaik bagi mereka,” sambung Pep.

Toure diperkirakan bakal pergi akhir musim ini. Kontraknya memang sudah habis tak diperpanjang lagi. Belum tahu dia bakal ke mana, semoga berminat main di Liga 1 Indonesia. Itu juga kalau berani, maklum di sini banyak rusuhnya.

Main photo: Sky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here