Performa Thibaut Courtois sejak berseragam Real Madrid terus mendapat sorotan karena dianggap terlalu sering gagal mempertahankan kesucian gawangnya. Courtois sendiri mengaku tidak terlalu peduli akan kritikan yang diarahkan padanya.

Sejak kedatangannya ke Santiago Bernabeu, Courtois selalu menjadi pilihan utama dalam beberapa ‘rezim’ kepelatihan Madrid yang sudah beberapa kali berganti.

Pada era Zinedine Zidane periode kedua, bahkan Courtois kembali menjadi penjaga gawang utama Madrid. Perlahan tapi pasti, Courtois akhirnya menggusur posisi Keylor Navas yang dalam beberapa tahun terakhir merupakan sosok utama di bawah mistar gawang.

Meski terus dipercaya sebagai kiper Madrid, nyatanya performa yang ditunjukan Courtois berjalan tidak seperti yang diharapkan para suporter.

Dirinya lebih sering membiarkan pemain lawan ‘menggilir’ gawangnya ketimbang memberikan catatan clean sheet. Blang-blung-blang-blung, begitulah gawangnya dibobol dengan mudahnya. Sudah ‘dobol’ banget kalau bahasa karungnya.

Tapi belakangan, Courtois menunjukan performa yang cukup bagus bersama dengan Madrid. Sebagai catatan, dalam tiga pertandingan terakhir Madrid sukses melibas tiga laga tersebut tanpa membiarkan lawan selebrasi alias nirbobol.

Courtois menjalani dua dari tiga laga tersebut, satu laga lainnya posisi kiper ditempati oleh Alphonse Areola.

https://twitter.com/OhMyGoalUS/status/1176508105141686272

Entah Courtois yang mainnya bagus atau pertahanan Madrid yang jagao atau lawan yang terlalu kocak untuk menyelesaikan peluang. Sebab dari dua laga tersebut, Courtois hanya menerima satu tendangan tepat sasaran yang mengarah kepadanya.

Terakhir, pada laga melawan Atletico, Courtois mendapat siulan dari para penggemar Madrid. Untuk diketahui bahwa siulan tersebut di Spanyol merupakan ejekan bukan untuk pancingan agar Courtois bisa gacor macam main burung.

Meski menerima banyak kritik terkait performanya, Courtois mengaku ia tidak terlalu mempedulikannya. Kiper asal Belgia itu lebih memilih terus berpikir positif dan menganalisis permainannya.

“Kritik tidak mempengaruhi saya, apakah itu berasal dari penggemar lawan atau di tempat lain,” kata Courtois dikutip dari Liputan6.

“Saya menganalisis permainan saya dengan orang-orang yang tahu tentang sepak bola, dan itu satu-satunya pendapat. Saya juga hanya berbicara dengan pelatih dan rekan tim tentang bentuk tubuh saya.”

Kondisi fisik Courtois diketahui juga mendapat sorotan karena dianggap sedikit gemuk. Hal tersebut dikatakan sebagai salah satu faktor yang membuat Courtois belum bisa menampilkan performa terbaiknya.

https://twitter.com/footie_off/status/1176969329105154065

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here