Lyon secara mengejutkan mampu meraih kemenangan kala menjamu Juventus pada laga leg pertama babak 16 besar Champions League. Bermain di Parque Olympique Lyonnais, “Les Gones” atau yang artinya “anak-anak” membuat “Si Nyonya Tua” usai menang dengan skor 1-0.

Kalau di atas kertas memang kita tahu sendiri bahwa Juventus lebih diunggulkan. Dengan susunan skuat yang jago-jago, ditambah lagi Juventus punya salah satu dari dua cyborg sepak bola yang bernama Cristiano Ronaldo.

Tapi sepak bola bukan hitung-hitungan seperti matematika. Semua bisa terjadi, apalagi kalau bandar sudah berkehendak.

Lyon nyatanya mampu tampil merepotkan Juventus yang lebih mendominasi penguasaan bola sepanjang laga.

Walau hanya tim “anak-anak” mereka benar-benar mampu membuat “Si Nyonya Tua” nampaknya benar-benar cembetut di laga itu.

Bayangkan saja, sepanjang laga 90 menit, Juventus gagal menghasilkan satu pun tembakan ke gawang. Sampai gabut kerjanya cuma melakukan goal kick saja kiper Lyon di laga itu.

Dari 14 tembakan, tak satupun yang mengarah ke gawang Anthony Lopes. Sementara Lyon tak berbeda jauh dengan membuat 12 tambakan. Tapi ada dua yang tepat sasaran.

https://twitter.com/ChampionsLeague/status/1232803330260393985?s=20

Bahkan pada menit ke-21, sundulan Toko Ekambi yang entah buka toko di mana mampu membentur tiang gawang. Kalau main PS joystick sampai bergetar pasti.

Beberapa menit berselang Lyon benar-benar membuat Juventus kebobolan usai akselerasi Hooussem Aouar diakhiri umpan silang yang diselesaikan dengan baik oleh Lucas Tousart. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Sejumlah peluang dihasilkan kedua tim di sisa waktu. Namun sayang hingga akhir laga tak ada gol yang tercipta. Kemenangan 1-0 jadi modal penting bagi Lyon untuk menjalani leg kedua di Allianz Stadium.

“Sangat sulit dijelaskan kenapa bisa seperti ini, tapi kami terlalu lambat dalam mengalirkan bola di babak pertama sehingga lawan bisa menekan, merebut bola, dan mencetak gol,” ujar Maurizio Sarri dikutip dari Detik.

“Kami kehilangan determinasi dan agresivitas ketika menyerang, dan kami pun buruk saat bertahan selama 15 menit,” sambungnya.

Main photo: @kuma_942

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here