Tagar “Varchester United” merebak di jagad media sosial beberapa jam sebelum linimasa Indonesia ramai dibanjiri korban Corona di Depok. Gara-garanya, Manchester United kembali diuntungkan oleh VAR saat menahan imbang Everton 1-1.

MU memang tertinggal duluan lewat gol kocak Dominic Calvert-Lewin. David de Gea tiba-tiba tertular virus Karius yang tendangannya secara tak sengaja mengenai kaki Calvert-Lewin yang memang mencoba mengganggunya.

Padahal kalau cepat ditendang, mungkin tak akan terjadi musibah semacam itu. Akibat keteledorannya itu, De Gea tidak dihukum kurungan penjara. Namun terlihat kekecewaannya saat bola masuk ke gawang, dia lalu menunduk malu. Bukan malu karena dia tidak hapal Pancasila, tetapi malu karena kesalahan bodohnya itu.

Selang beberapa menit, Bruno Fernandes kembali menjadi tulang punggung MU. Dia membuat gol lewat tendangan tanpa bayangan dari luar kotak penalti.

https://twitter.com/SoccerAM/status/1234147907068141575

Skor 1-1 bertahan sampai menit ke-90-an. Tiba-tiba Everton melakukan serangan dan Gylfi Sigurdsson mendapat peluang emas bercampur intan permata. Tendangan Sigurdsson lalu ditepis kaki De Gea.

Sigurdsson yang terjatuh akibat tekel Aaron Wan-Bissaka saat melakukan tendangan, lalu dengan enak selonjoran di depan gawang De Gea. Bola ternyata masih aktif, kemudian ditendang Calvert-Lewin.

Bola tendangan Calvert-Lewin kemudian mengenai kaki Harry Maguire yang bukan saudaranya Harry Potter. Bola berbelok arah dan gol.

Para pemain Everton merayakan gol kemenangan harapannya itu. Sampai tiba saatnya VAR menentukan nasib Anda.

Gol tersebut memang diprotes pemain MU karena Sigurdsson yang sedang selonjoran itu dianggap menghalangi ruang gerak atau ruang pandang De Gea sehingga bisa dianggap offside meski tidak mengenai bola, atau berusaha mengejar bola. Bahkan, Sigurdsson sempat mengangkat kakinya saat bola melewatinya untuk mempersilakannya lewat masuk ke gawang.

Di situlah kontroversi dimulai. Tagar Varchester merebak karena sebelumnya MU juga dibantu VAR untuk meraih kemenangan atas Chelsea.

Entah bagaimana, tim VAR memberikan saran kepada wasit tengah bahwa itu masuk dalam kategori offside dan wasit main ‘iya-iya saja’.

“Keputusan di lapangan mengesahkan gol tersebut, tetapi VAR memberitahu wasit bahwa Sigurdsson berada dalam posisi offside karena berada dalam garis pandang De Gea dan berdampak pada kemampuan De Gea untuk membuat penyelamatan,” kata pernyataan resmi badan wasit Liga Primer atau biasa disebut PGMOL.

Pernyataan itu dianggap konyol oleh berbagai kalangan. Termasuk pelatih Everton, Carlo Ancelotti, yang dikartu merah selepas pertandingan oleh wasit Chris Kavanagh.

Menurut Ancelotti, De Gea sama sekali tidak terganggu oleh Sigurdsson karena posisi De Gea sedang berdiri dan Sigurdsson asyik duduk di bawah. Meski tidak sampai menggelar tikar sambil ngopi, aksi selonjoran Sigurdsson tidak mengganggu pandangan De Gea.

Yang membuatnya lebih konyol lagi, bola berbelok arah karena mengenai rekan sendiri, Maguire. Ya kalau mau menentukan penyebabnya, tentu saja Maguire yang menyebabkan arah bola berubah. Bahkan ada yang bilang gol tersebut termasuk gol bundir alias bunuh diri.

Secara posisi, pemain Islandia yang tak bisa berbahasa Makassar itu memang offside. Tetapi posisinya tidak aktif dan sama sekali tidak mengganggu De Gea.

“Apakah Gylfi offside, tapi menurut kami dia tidak memengaruhi pandangan De Gea. Seperti yang saya bilang pandangannya jelas, tapi secara posisi memang offside,” kata Ancelotti.

Calver-Lewin yang bikin gol juga bete berat bahkan sampai menyebut kejadian itu sebuah bencana. Saking tidak percayanya dia pada keputusan VAR.

“Saat ini, saya tidak yakin. Melihatnya kembali, saya pikir Gylfi yang berada di permukaan lapangan tidak menghalangi garis pandang. Cukup adil, ia berada pada posisi off-side, tapi kemudian tembakan terdefleksi, kiper sama bergerak ke arah berlawanan dan kakinya jauh dari jangkauan bola,” ucapnya dikutip Goal.

Ya terserah wasit dan VAR saja lah. Enaknya gimana. Mungkin sengaja biar rame.

https://twitter.com/FootballFunnnys/status/1234146511409369088

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here