Gelandang Manchester City, Kevin de Bruyne, mengalami nasib buruk pada awal musim Premier League 2018/2019. Pemain andalan “The Sky Blues” pada musim lalu itu dikabarkan mengalami cedera lutut kanan. Sialnya lagi cedera tersebut diterimanya saat sedang menjalani latihan. Latihan bukannya makin menambah kemampuan malah jadi kesakitan dan membuatnya makan gaji buta (gabut) berbulan-bulan.

De Bryune merupakan salah satu pemain kunci yang membawa City menjuarai Premier League musim lalu. Bermain sebagai gelandang serang yang beroperasi di sepertiga akhir lapangan, De Bryune sering kali menjadi supplier untuk gol-gol City. Ibarat tinggal ditelepon, galon dan gas langsung diantar ke tempat tujuan.

Total 12 gol serta 21 assist disumbangkan De Bruyne sepanjang musim yang membantu City memenangkan Premier League dengan rekor 100 poin serta Piala Liga. Musim ini namanya pun sepertinya akan tetap menjadi andalan Pep Guardiola untuk mengisi satu posisi di lini tengah City.

Sempat bermain sejak menit ke-60 saat melawan Arsenal, sepertinya itu terakhir terakhir kita bisa melihat kulit pucat De Bryune yang tak kalah dengan cabe-cabean motor Mio yang bedaknya ketebalan. Setidaknya hingga beberapa bulan ke depan, De Bryune dikabarkan tidak bisa memperkuat skuat asuhan Pep.

Cedera tersebut didapat De Bryune kala berlatih dengan skuat “The Citizens” pada Rabu waktu setempat. City telah melakukan konfirmasi terkait kabar tersebut. De Bryune diperkirakan akan menepi dalam dua hingga empat bulan ke depan. Lumayan bisa santai-santai tapi tetap gajian.

Pemain asal Belgia itu katanya mengalami keretakan pada tempurung lutut kanan. Agak seram juga bisa sampai retak begitu macam kaca Kopaja. Tapi namanya musibah ya mau bagaimana.

Menurut medis, nama dari cedera ini adalah Ligamen Lateral Collateral (LLC). Sedangkan bahasa yang lebih familiar dan sering kita dengar pada obrolan warga sini mungkin adalah lutut kopong. Padahal ya itu sebutan sotoy para warga saja.

Cedera ini bukan yang pertama dialami oleh De Bryune. Bisa dibilang juga hal ini merupakan CLBK De Bruyne dengan cedera yang pernah ia derita pada musim 2015/2016 lalu. Kala itu De Bruyne terpaksa menepi hingga dua bulan sebelum kembali bugar.

https://twitter.com/goal/status/1029756801204609031

Total 12 pertandingan yang ia lewatkan setelah mengalami cedera pada pertandingan semi final Piala Liga kala melawan Everton. Beruntung tak ada lawan berat sepanjang itu. Lawannya secara kekuatan belum dianggap sepadan dengan City. Cuma masih sekadar ampas tahu saja.

De Bruyne pun tak dibawa ke pengobatan tradisional Cimande walau di sana bisa lebih cepat. Dia dikabarkan sedang menjalani pengobatan dengan tim medis klub. Entah apakah BPJS-nya dipakai atau tidak.

“Kevin de Bruyne sedang menjalani berbagai tes pada lutut kanannya setelah mengalami cedera saat latihan pada hari Rabu,” bunyi pernyataan City yang dikutip dari Detik. “Seberapa gawat masalahnya belum diketahui dan kami akan mengabarkan perkembangan kondisi Kevin pada waktunya.”

Penyebab dari cedera yang diterima oleh De Bryune sendiri tidak dijelaskan. Semoga bukan hal konyol macam di-sleding tiang gawang.

Namun meski dipastikan akan kehilangan De Bruyne dalam beberapa pertandingan ke depan, City dipastikan memiliki pengganti yang seimbang. Pada posisi yang biasa ditempati oleh De Bruyne, City memiliki David Silva, Ilkay Gundogan, Fabian Delph, serta Phil Foden.

Apalagi City hanya akan menemui lawan-lawan yang merupakan tim-tim debutan musim lalu dan musim ini. Dengan banyaknya pilihan pemain pengganti yang sepadan, sepertinya absennya De Bruyne berbulan-bulan tak akan menjadi rintangan.

Setelah berhasil menang 2-0 di laga pembuka melawan Arsenal, City akan ditantang Huddersfield di Etihad Stadium pada hari Minggu (19/8) mendatang.

Main photo: abouttrendsnews.com

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here