Baru-baru ini, Brescia mengumumkan pergantian logo mereka kepada khalayak ramai. Tentu menarik buat dibahas karena Brescia bukan lah klub besar dengan tuntutan bisnis layaknya Juventus, Manchester United, Real Madrid, atau Barcelona.

Brescia bisa dibilang cuma seperti sobekan karcis parkir saja. Tidak ada yang peduli kecuali fans-nya sendiri. Jarang ada prestasinya. Sekarang juga cuma main di Seri B, kasta kedua sepak bola Italia.

Namun meski cuma sekadar sobekan karcis, Brescia kepikiran saja buat mengganti logo mereka menjadi lebih modern dan kekinian. Sebuah hal yang belum dilakukan oleh klub-klub top Eropa lainnya.

Ya, Brescia memang telah mengganti logo mereka dan meninggalkan logo lamanya. Sebenarnya tidak jauh berbeda. Sama-sama masih berwarna biru meski agak lebih tua serta terdapat simbol hewan singa di dalamnya yang menjadi simbol kota Brescia.

Perubahannya tidak terlalu ekstrem. Seperti misalnya menaruh simbol padi dan kapas atau palu arit. Kalau memasang palu arit bisa bahaya, bisa digeruduk massa dan pak polisi.

Namun yang menjadikannya berbeda adalah logo Brescia yang baru terlihat lebih modern, kekinian, dan inovatif. Mereka meninggalkan kesan kuno pada logo lama mereka.

Dalam ilmu branding seperti yang diungkapkan mas Febriansyah dalam jurnalnya tahun 2013, logo menjadi sebuah pengakuan, kebanggaan, inspirasi kepercayaan, kehormatan, kesuksesan, loyalitas dan keunggulan yang tersirat ke dalam suatu bentuk atau gambar. Logo juga merupakan bagian yang penting untuk menunjukkan keberadaan suatu pembeda produk dengan produk lainnya.

Penggantian logo atau yang menjadi salah satu bagian dari rebranding dan juga menjadi bagian dari strategi bisnis. Biasanya dilakukan untuk mengubah citra sebuah organisasi agar menjadi lebih kompetitif, representatif, serta menciptakan kesan up to date, dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Makanya, beberapa perusahaan BUMN macam Pertamina dan Telkom turut melakukannya. Biar enggak dibilang kaku dan jadul.  

https://twitter.com/IFTVofficial/status/1044922610134511616

Ternyata betul, ide perubahan logo itu datang dari Massimo Cellino, pemilik baru mereka pada musim panas kemarin. Cellino adalah mantan pemilik Cagliari dan Leeds United yang membeli Brescia untuk menyelamatkannya dari kebangkrutan.

Sebagai salah satu langkah menyelamatkan finansial mereka adalah dengan mengubah logo tersebut. Mereka memang bakal mengeluarkan uang lagi untuk mengganti semua logo di berbagai alat dan media. Macam jerseymerchandise, dan sebagainya.

Namun, dengan mengganti logo mereka jadi lebih modern bisa mendatangkan dan meyakinkan investor atau sponsor yang ujung-ujungnya duit juga alias UUD.

Menurut Cellino, logo lama Brescia terlalu kaku dan statis. Kesan “kuno” dan “lama” harus ditinggalkan dan kesan “modern” harus diciptakan.

Brescia juga tampak banyak belajar dari Juventus yang jor-joran mengganti logo pada awal tahun lalu. Bahkan logonya jauh berbeda sangat signifikan. Sampai-sampai dibuatkan meme segala macam ketika itu.

Namun, buktinya sekarang Juve menjadi salah satu klub yang dibilang sukses dari sisi brand. Secara finansial juga terhitung sehat bahkan sampai mampu membeli Cristiano Ronaldo.

Juventus tidak mau sekadar dipandang sebagai klub sepak bola, tapi lebih dari itu. Itulah mengapa logo baru mereka jauh sekali dari logo-logo klub bola pada umumnya.

Brescia tampak sedang menuju ke arah sana. Bahkan beberapa media Italia menyebut logo baru Brescia sudah tampak seperti logo klub rugby tingkat kampus di Amerika Serikat.

Itu artinya, Brescia memang ingin mencitrakan dirinya bukan cuma sekadar dipandang sebagai klub sepak bola, tapi lebih dari itu. Kalau sekarang mendengar dan melihat lambang Brescia maka yang terlintas di pikiran adalah klub gurem Italia. Tempat pembantaian klub-klub papan atas.

Tapi dengan desain modern dan kekinian, mereka ingin meninggalkan kesan kuno dan gurem tersebut. Tentunya berharap meraup bisnis dan menyasar pasar lebih global. Kalau perlu, nantinya bakal dianggap sebagai klub populer di dunia, bukan lagi sekadar sobekan karcis parkir lagi.

Semoga sukses dengan logo barunya, Bres!

Main photo: IFTV

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here