Manchester City akan memberikan penghormatan tertinggi kepada Vincent Kompany atas jasa-jasanya bagi klub. Juara bertahan Premier League disebut akan membangun patung dari Kompany di luar Etihad Stadium.

Akhirnya Manchester City punya ‘legenda’ juga setelah ditunggu-tunggu. Legenda yang dikenal oleh banyak orang maksudnya. Sebab selama ini orang mungkin tidak begitu mengenal para legenda dari klub asal Manchester tersebut.

Sering sekali pada era sepak bola modern ini, ujaran kekocakan muncul saat berandai-andai para klub raksasa Premier League dilatih oleh para legendanya.

Manchester United dan Chelsea sudah menjalankannya. Andai Liverpool mau, mereka juga punya segudang pemain legenda. Arsenal pun demikian. Lantas siapa yang harus menjadi pelatih City? Apakah Stephen Ireland?

Maklum saja, City sendiri baru terkenal bersama dengan masa-masa Blackberry naik daun. Bahkan mungkin ada yang tahunya kalau City baru berdiri sejak dapat kucuran uang tahun 2008 lalu.

Padahal City sebenarnya merupakan salah satu klub tua di Inggris sana. Sejak menjelma jadi klub anak sultan, City bisa banyak berbicara di masa kini.

Kompany jelas jadi salah satu pemain yang paling berpengaruh pada City di era mereka menjadi klub ‘anak sultan’ dalam kurang lebih satu dekade belakangan.

https://twitter.com/FootbaII_HQ/status/1171901515352727552?s=20

Bahkan Kompany juga merupakan pemain City ‘angkatan’ pertama pada era ‘anak sultan’. Sejak didatangkan pada tahun 2008, Kompany menjadi salah satu sosok kunci di balik kesuksesan City dalam meraih sejumlah gelar.

Selama bermain untuk City, Kompany telah mencatatkan 360 penampilan dengan sumbangan 20 gol.

Salah satu momen yang paling diingat adalah gol krusialnya di musim lalu ketika City berjumpa dengan Leicester City.

City yang sedang dalam persaingan perebutan gelar Premier League, mengalami kebuntuan untuk menembus gawang Leicester. Kompany lantas melakukan tendangan spekulasi yang sangat keras dari luar kotak penalti yang berbuah gol dan menjadi penentu kemenangan City.

Atas segala jasa-jasanya, pihak klub lantas memutuskan untuk segera membangun patung Kompany di luar Etihad Stadium.

“Sebuah kehormatan luar biasa untuk diakui klub spesial ini dengan cara demikian. Perjalanan yang kami tempuh selama 11 tahun di Manchester mengubah hidup saya dan saya bahagia bisa memainkan peran kecil untuk mengubah sejarah klub ini pada masa itu,” ungkap pria 33 tahun tersebut seperti dikutip Detik.

Nama Kompany juga akan dijadikan nama jalan yang menghubungkan lapangan akademi dengan pusat latihan tim utama. Jalan itu akan bernama Vincent Kompany Crescent, lengkap dengan sebuah mosaik perayaan gol atas Manchester United di 2012 sebagai penanda.

https://twitter.com/Sporf/status/1171897980238159877?s=20

Main photo: standard.co.uk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here