Ada yang baru di kostum Everton saat lawan Manchester United lalu. Bukan, bukan warna kostumnya yang berwarna biru karena memang dari sananya sudah biru. Melainkan tulisan “Angry Birds” di lengan Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Ya, Angry Birds di situ adalah mainan video game yang populer di gadget kita dari anak-anak sampai pria dewasa. Kerjaannya cuma lempar-lempar burung saja, asal jangan burung sendiri yang dilempar.

Everton baru saja menjalin kerja sama dengan Rovio Entertainment selama beberapa tahun ke depan untuk mempromosikan Angry Birds. Belum diketahui berapa nilai kerja samanya, Bolatory juga belum sempat menanyakan mereka via What’s App.

Rovio memang ingin meningkatkan brand awareness-nya terutama di daratan Asia. Sebaliknya, Everton juga mendapatkan keuntungan karena sedang menyasar anak-anak muda milenial yang gemar dengan gadget.

Hasil gambar untuk angry birds everton
Angry Birds ada di lengan Wayne Rooney dkk. (Source: Daily Mirror)

Angry Birds jadi pilihan karena merupakan salah satu game tersukses pada 2016. Aplikasinya pernah diunduh sampai 450 juta selama 2016. Jika ditotal dari 2009, sudah diunduh 3,7 miliar kali.

Itu artinya, setengah dari penduduk dunia telah mengunduhnya. Meski itu hitungannya jumlah unduhan, bukan jumlah orang yang mengunduh karena tiap orang bisa mengunduh 2-3 kali tergantung jumlah gadget-nya. Itu juga belum termasuk viewers di Youtube yang mencapai 3 miliar orang.

“Bekerja sama dengan Rovio dan band Angry Birds akan memberikan Everton pada perhatian internasional. Terutama untuk pasar digital dan animasi,” ucap Alan McTavish, Head of Commercial Everton, dikutip Inside World Football.

Bagi Rovio, ini pertama kalinya mereka lakukan kerja sama dengan institusi olahraga. Memang menarik untuk disimak bagaimana karakter-karakter Angry Birds yang unyu-unyu tapi mengesalkan itu bakal mengisi skuat kartunnya Everton.

“Ini pertama kalinya kami bekerja sama dengan salah satu klub di sebuah liga yang paling banyak ditonton di dunia. Kerja sama ini cukup logis bagi brand kami yang sudah mengglobal,” kata Ville Heijari, CMO Rovio Entertainment.

Main photo: Footyheadlines

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here