Update kondisi terbaru Christian Eriksen dikabarkan sudah berangsur pulih. Bahkan sudah bisa berbicara dan memberikan pernyataan resmi ke media. Namun, karier Eriksen kini terancam berakhir. Sebuah hal yang sangat sedih dan disayangkan.

Seperti diketahui, Eriksen ambruk di pertandingan kompetisi besar Piala Eropa 2020 saat Denmark menghadapi Finlandia. Dia bahkan diketahui sempat mengalami henti jantung kira-kira lima menitan.

Bisa dibilang, Eriksen sudah “lewat” saat itu. Segenap pemain Denmark sudah menangis lantaran kepergian rekannya yang begitu cepat. Beruntung ada kapten Simon Kjaer yang bergerak cepat memberikan pertolongan pertama kemudian meminta rekan-rekannya membuat barikade agar tidak tersorot kamera.

Memang beda kelakuan di sini dan di negara Eropa. Tidak ada yang merekam pakai HP. Kalau di sini, ada ribut-ribut sedikit langsung direkam terus di-share di grup WA. Biar dikata keren kali, punya dokumentasi premium.

Beruntung lah, tim medis bergerak cepat dan melakukan tindakan CPR. Tak lama kemudian, mereka berhasil “mendapatkan” Eriksen kembali. Eriksen pun sadarkan diri, dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

https://twitter.com/FIFAcom/status/1404330771855327239

Segenap dukungan diberikan kepada Eriksen dari seluruh penjuru dunia. Hampir semua insan sepak bola berikan dukungan. Terutama kontestan Piala Eropa.

Pertandingan sempat ditunda dua jam sampai ada kabar dari rumah sakit bahwa kondisi Eriksen sudah kembali normal. Bahkan mereka katanya sempat sudah telpon-telponan. Eriksen meminta rekan-rekannya melanjutkan pertandingan.

Namun meski sudah berangsur pulih, karier Eriksen kini terancam. Dia diprediksi tak bisa melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola. Minimal bakal mengakhiri kariernya di Italia.

Melihat insiden yang dialami Eriksen, dr Scott Murray yang merupakan ahli kardiologi dari NHS mengaku sangat khawatir. Seperti dikutip dari Kompas.com, dr Scott Murray khawatir Christian Eriksen tidak bisa bermain lagi melanjutkan karier sepak bolanya karena jantungnya bermasalah.

Menurut Murray, peluang Christian Eriksen kembali bermain semakin kecil karena saat ini dia membela Inter Milan. Hal itu tidak lepas dari aturan kesehatan di Italia yang sangat ketat.

“Ini mungkin akhir dari karier Christian Eriksen. Italia memiliki aturan yang melarang seseorang dengan kelainan jantung berpartisipasi dalam olahraga. Aturan itu ada di dalam undang-undang,” kata Murray.

“Aturan itu sudah berlaku lebih dari 20 tahun. Aturan itu telah membantu mengurangi tingkat kematian akibat henti jantung dalam olahraga dari tiga persen menjadi satu persen saat ini. Italia adalah negara terbaik dalam skrining penyakit jantung pada atlet profesional,” sambungnya.

Mari kita doakan saja Eriksen agar bisa cepat pulih kembali. Setelah itu dapat kembali bermain melihat magis-magisnya di lapangan. Aamiin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here