Kedatangan bang Cristiano Ronaldo atau akrab disapa ‘Krisno’ di kalangan warga Indonesia benar-benar memberikan manfaat positif buat Juventus. Belum apa-apa, mereka sudah berhasil mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) tanpa harus bertanding.

Tidak ada skor dalam laga tersebut karena seperti yang sudah disampaikan bahwa Juve mengalahkan PSG bukan dari segi pertandingan. Melainkan dari sisi Instagramnya.

Ya, kedatangan Ronaldo benar-benar menjadi magnet bagi Juventus untuk semakin mendongkrak popularitasnya, menambah dan memperluas jaringan suporternya. Fans-fans Ronaldo yang dikenal fanatik langsung ‘auto follow’ akun-akun media sosialnya Juventus.

Baru-baru ini, Juve berhasil menyentuh angka 14,3 juta pengikut. Padahal sebelum Ronaldo masuk, pengikut budiman Juve cuma hanya sekitar 10 jutaan saja.

Mereka sukses menyalip PSG yang memiliki 14,2 juta pengikut. PSG tadinya ada di peringkat keempat, maka otomatis kini turun jadi peringkat kelima karena posisi praktis jadi milik Juventus. Padahal Juve baru mem-posting 6 ribuan post sedangkan PSG sudah 9 ribuan.

Namun PSG tak usah bersedih, juara harapan II biasanya masih suka dapat piala. Lalu peringkat lima besar juga masih bisa lolos Liga Europa musim depan :D.

Adapun posisi tiga besar masih dipegang Real Madrid (62 juta), Barcelona (58 juta), dan Manchester United (23 juta).

Kedatangan Ronaldo memang memberikan dampak besar bagi media sosialnya Juventus. Itu tim medsosnya makin ringan kerjanya, tak perlu repot-repot bikin campaign segala macam pakai hashtag-hashtag segala. Apalagi sampai ada syarat disuruh tag tiga temen kamu buat ikutan kuis.

Sebelumnya, Juve memecahkan rekor sebagai klub bola dengan jumlah penonton terbanyak di Youtube untuk bulan Juli 2018. Video-video yang diunggah di kanal resmi Juve itu ditonton sebanyak 36,3 juta kali. Itu lebih banyak dari saluran resmi Barcelona yang hanya ditonton sebanyak 31,9 juta kali. Hal itu merupakan rekor baru bagi Juve.

https://twitter.com/DeporFinanzas/status/1024564121587642368

Video-video yang banyak ditonton orang tentu bukan tutorial memakai hijab atau make-up. Tetapi tentang pemain editan asal Portugal tersebut. Unggahan pertamanya yang berjudul “Cristiano Ronaldo is coming to Juventus! Are you ready? #CR7JUVE” ditonton hampir 1,5 juta kali. Gile bener. 

Dari sisi personal, Ronaldo juga memecahkan rekor saat mengunggah konten di Instagram lewat kata-kata Forza Juve miliknya. Seperti yang dikabarkan dari Sportbible, Postingan ini telah di-likes sebanyak 11,5 juta walau baru diposting 3 hari yang lalu dan menjadi postingan kelima yang paling banyak disukai sepanjang sejarah di Instagram.

Ini ibarat sayur asem dengan ikan asin, keduanya saling melengkapi. Ronaldo sudah punya fanbase yang sangat besar, begitu juga dengan Juve. Saat keduanya bersatu, maka menciptakan fanbase yang lebih besar lagi. Walau jumlah likes tersebut juga termasuk orang yang bukan pendukung Ronaldo atau Juventus. Mungkin sekadar iseng saja.

Kalau memang kedatangan Ronaldo memberikan efek positif begitu besar buat Juve, bukan hanya dari segi prestasi, tapi dari segi popularitas dan finansial, maka transfer ini sudah berjalan sukses walau harus mengambil risiko besar.

Dari sini saja sudah kelihatan, main saja belum tapi Ronaldo sudah kasih segepok followers dan penonton buat Juve. Sebetulnya pemain berwajah ganteng nasionalis itu sudah main bareng tim Juve saat melakoni laga tradisi antara Juventus A versus Juventus B (U-21) yang bernama Villar-Perosa.

Ronaldo mencetak satu gol dalam laga yang berkesudahan 5-0 buat Juve A. Tapi itu cuma pertandingan tradisi, bukan pertandingan resmi. Warga Juve yang datang pun pada girang saat Ronaldo menjebol gawang kiper yang tak diketahui namanya tersebut.

“Ya kami akui membawa Ronaldo ke Juventus adalah sesuatu yang sensasional. Ini merupakan langkah maju bagi kami dan juga sepak bola Italia,” ucap Wakil Presiden Juve, Pavel Nedved.

Main photo: Beatmusic

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here