Duo bintang Bayern Muenchen, Xabi Alonso dan Philipp Lahm, resmi pensiun usai melakoni laga terakhirnya bersama Bayern saat menghadapi Freiburg. Keduanya kini sudah jadi pensiunan, siap menjalani hari tua sambil menimang-nimang cucu.

Alonso dan Lahm turut membantu Bayern meraih kemenangan 4-1 di laga itu. Demi mendapatkan standing applause, Carlo Ancelotti menarik keluar mereka berdua.

Alonso ditarik pada menit ke-82 dan Lahm pada menit ke-87. Keduanya mendapat applause yang meriah dari para penonton. Sudah pasti dapat tepuk tangan, kalau dapatnya cacian atau bahkan lemparan kan kasihan.

Bagi Alonso, penampilan tersebut merupakan laga ke-116 bersama “FC Hollywood”. Diawali bersama Real Sociedad, pemain ganteng asal Spanyol itu telah main 815 pertandingan. Semuanya pertandingan sepak bola, bukan renang apalagi tenis meja.

“Mungkin saya punya tiga penyesalan. Bersama Real Sociedad, klub yang paling saya cintai, kami gagal memenangi La Liga pada 2002/03, hanya karena kalah satu laga. Bersama Liverpool, kami hampir menjuarai Premier League. Di Bayern, telah begitu dekat dengan gelar Liga Champions,” ujar Alonso dikutip dari The Times.

Sedangkan Lahm, biarpun masih berusia 33 tahun, tetap memutuskan untuk pensiun. Kapten Bayern itu banyak memberikan gelar buat timnya baik di Bayern dan tim nasional Jerman. Bisa dibilang  lebih banyak dari apa yang didapat Arsene Wenger selama 21 tahun menangani Arsenal.

Paling klimaks saat mengangkat trofi Piala Dunia pada 2014 lalu. Setelah itu memutuskan pensiun biar dapat akhir yang indah. Bisa saja ini, karburator Supra.

“Laga ini sangat emosional. Apa yang saya alami dengan para fans, tim, dan rekan-rekan saya di sini adalah untuk yang terakhir kalinya. Sepakbola adalah hidup saya. Saya akan merindukannya,” kata Lahm dikutip Goal.

https://twitter.com/btsportfootball/status/865958525423550465

Ancelotti tak lupa mengucapkan terima kasih kepada dua pahlawan Bayern tersebut. Ya, sebagai umat manusia yang baik, kita diwajibkan mengucapkan terima kasih apabila sudah dibantu oleh orang lain.

Dalam hal ini, Ancelotti sudah dapat banyak bantuan dari Alonso dan Lahm. Terutama Lahm, kalau tanpa dia, siapa yang bakal jadi kaptennya. Memangnya gampang menyuruh orang jadi kapten. Belum tentu ada yang mau.

Laga terakhir musim ini adalah laga yang emosional bagi Lahm dan Alonso. Saya ingin mengucapkan terima kasih pada dua pemain ini. Mereka melakukan musim yang fantastis. Mereka memiliki karier fantastis. Kami harus menunggu pengganti mereka setelah ini,” ucap Ancelotti.

Pelatih yang punya otak itu memang belum memutuskan siapa yang akan menggantikan mereka berdua. Tapi tak usah khawatir, namanya sepak bola pasti ada penggantinya.

Masih banyak pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang dan bek kanan. Ahmad Bustomi dan Ismed Sofyan salah satunya.

Selamat pensiun, Alonso dan Lahm. Selamat menikmati hidup dan hari tuanya. Semoga bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Main photo credit: Twitter (@ASRomaEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here