Laga seru terjadi pada pertandingan lanjutan Grup G yang mempertemukan Senegal dengan Jepang. Kedua tim menyajikan laga ketat dengan saling berbalas gol yang tidak diakhiri dengan berbalas chat WA. Bertanding di Ekaterinburg Arena, kedua tim harus puas bermain imbang 2-2 selama 90 menit pertandingan.

Entah jika dilanjutkan hingga 900 menit, mungkin skornya juga bakal sama kuat macam 20-20. Sudah pasti ada yang masuk rumah sakit setelah pertandingan. Senegal yang sempat dua kali unggul, dua kali pula dibalas pukul oleh pasukan “Samurai Blue”.  Tidak mau kalah memang anaknya si Jepang ini.

Tambahan satu poin membuat Senegal maupun Jepang kini sama-sama mengoleksi empat poin. Sebelumnya kedua tim berhasil meraih tiga poin pada pertandingan pertama setelah menang atas lawannya. Selisih gol keduanya pun sama yaitu satu yang merupakan hasil dari mencetak empat dan kebobolan tiga gol.

Pada awal laga, Senegal lebih sering menekan pertahanan Jepang. Ancaman pertama datang dari Youssouf Sabaly yang melakukan tendangan coba-coba alias spekulasi dari luar kotak penalti. Sayang tendangannya hanya melambung tinggi jauh di atas gawang. Kalau pakai gawang rugby mungkin sudah dihitung gol.

Senegal akhirnya benar-benar mencetak gol di menit ke-11 melalui Sadio Mane. Berawal dari tembakan keras Sabaly di sisi kiri, bola sebenarnya berhasil dtepis Eiji Kawashima. Namun bola tepisannya secara kebetulan malah mengenai kaki Mane yang ada di depan gawang.

Andai Mane berdiri di depang gawang timnya sendiri, belum tentu itu menjadi gol. Senegal unggul 1-0 atas Jepang.

Meskipun tidak diperkuat sang kapten andalan, Tsubasa dan Maria Ozawa, Jepang langsung bersemangat dan balas menyerang pertahanan Senegal. Usaha mereka akhirnya berbuah hasil di menit ke-34 ketika Takashi Inui menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari aksi Yuto Nagatomo, bek Inter Milan itu melakukan kontrol bola sekaligus mengecoh kedua pemain Senegal. Sekali dayung, dua tiga benua terlampaui kalau kata peribahasa. Bola kemudian diteruskan ke Inui yang bukan merupakan istri dari mas Adam Suseno.

Dari dalam kotak penalti, Inui yang kalau namanya dibalik melawan gravitasi tetap Inui, melakukan tendangan kotak+R2 yang membuat bola meluncur mulus ke dalam gawang.

Kedua tim kemudian saling berbalas serangan di hingga akhirnya Senegal kembali unggul pada menit ke-71 melalui gol Moussa Wague. Berawal dari aksi Sabaly, ia mengirimkan umpan mendatar melewati depan gawang Jepang.

Bola yang meluncur ke arah Wague langsung diconcong kalau bahasa kampung sekitar. Tembakan keras Wague masuk ke gawang Jepang tanpa bisa dihalau oleh Kawashima.

Kembali ketinggalan oleh Senegal, tak membuat Jepang menyerah begitu saja. Meski tidak dibantu Genji dan kawan-kawannya, mereka berani untuk balik menyerang. Tujuh menit berselang, Jepang berhasil menyamakan kedudukan.

Keisuke Honda yang baru masuk ke lapangan pada menit ke-72, menyamakan skor menjadi 2-2. Itu baru Honda yang main, belum kalau Kawasaki dan Yamaha juga dimasukan. Bukan tidak mungkin Jepang akan balik memimpin.

Berawal dari kemelut di depan gawang Senegal, Inui dengan cerdik mengarahkan bola liar kembali ke depan gawang. Honda yang berdir di posisi yang tepat langsung saja menyepak bola ke dalam gawang Senegal. Hingga pertandingan berakhir, skor sama kuat 2-2 tetap bertahan bagi kedua tim.

Pelatih timnas Jepang, Akira Nishono memuji ketenangan para pemainnya yang menahan imbang Senegal pada laga itu.

“Ini laga yang sulit, dan kami sudah tahu ini akan menjadi laga yang tidak mudah. Kami tahu Senegal bukan tim yang bisa dengan mudah dikalahkan. Namun, tim ini tetap tenang setelah kebobolan dan ini suatu hal yang positif kami bisa menyamakan skor dua kali,” ujar Nishino dikutip dari Bola.com.

Sedangkan pelatih Senegal, Aliou Cisse, yang wajahnya mirip Heimdall di film Thor itu mengaku kecewa dengan hasilnya. Gol-gol Jepang harusnya bisa dihindari, tapi di sisi lain Jepang memiliki kemampuan buat menyeimbangkan skor.

Gol-gol itu bisa dihindari, itu jelas. Tim terbaik adalah Jepang, kita harus akui itu,” imbuhnya, dikutip BBC. 

https://twitter.com/brfootball/status/1010937221761978368

Main photo: cbssport.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here