Tidak seperti timnas unggulan lain yang kebanyakan gagal meraih hasil positif di Piala Dunia 2018, Inggris tetap menunjukan konsistensi yang mereka bawa sejak babak kualifikasi. Meski demikian, kala berhadapan dengan Tunisia, Inggris harus menunggu hingga menit tambahan babak kedua untuk mendapatkan gol kemenangan.

Dua gol yang dicetak oleh Harry Kane yang kalau namanya dibalik jadi ‘Enak’ membuat pasukan Gareth Southgate meraih tiga poin tanpa potongan pajak yang biasa ditanggung pemenang.

Memang tidak salah mengandalkan Kane di Fantasy Premier League maupun Fantasy World Cup. Mau apapun gimnya dia tetap bisa mendulang poin. Bahkan jika nonton Smackdown, Kane juga tetap hebat meski rambutnya gondrong.

Bertanding di Volgograd Arena, “The Three Lions” berhasil menang 2-1 atas Tunisia. Hasil tersebut memperpanjang hasil minor yang diterima oleh tim asal Afrika di ajang terebut. Walau demikian, setidaknya tim asal Afrika akhirnya mampu mencetak gol pertama di Piala Dunia 2018.

Kemenangan Inggris membuat mereka meraih poin yang sama dengan Belgia yaitu tiga poin. Namun Inggris berada di peringkat kedua karena kalah produktivitas gol. Pada laga selanjutnya Inggris akan menghadapi Panama di Nihny Novgorod Stadium pada Minggu (24/6).

Pada pertandingan tersebut, Inggris langsung menekan sejak menit pertama. Buru-buru betul mainnya macam sedang ikutan ikutan flash sale. Akhirnya mereka sudah membuat peluang pertama di menit ketiga. Sepakan Jesse Lingard dari jarak dekat masih bisa ditahan kiper Tunisia dengan sebuah tepisan mata kaki.

Tekanan Inggris yang bertubi-tubi akhirnya membuahkan hasil di menit ke-11. Berawal dari umpan pojok, John Stones membuat sebuah sundulan keras kepala di dalam kotak penalti. Kiper Tunisia yaitu Mouez Hassen dengan sigap mengamankan bola agar tidak bersarang di gawangnya. Repot juga soalnya kalau sudah bersarang, biasanya nanti bertelur.

Beruntung memang si Kane ini yang kemudian mendapat bola enak sekali dari hasil tepisan Hassen. Tanpa keraguan striker Tottenham Hotspur itu langsung menembak bola tersebut. Syukurnya diterima dengan baik oleh gawang Tunisia meski Kane tidak menembak dengan romantis. Inggris ungul 1-0.

https://twitter.com/brfootball/status/1008801362572926976

Perlahan Tunisia mulai beradaptasi dengan permainan Inggris. Tekanan yang mereka lakukan akhirnya berujung gol dari titik putih di menit ke-35. Penalti tersebut didapat akibat pelanggaran Kyle Walker terhadap Fakhreddin Ben Youssef.

Tangannya si Walker ini sangat jahil macam pelawak Komeng. Youssef yang akan menerima umpan lambung dari temannya, malah disikut oleh Walker.

Penalti kemudian diambil oleh Ferjani Sassi yang rambutnya sangat rapi tanpa Ahmad. Bola sempat dibaca gerakannya oleh Jordan Pickford, namun gagal untuk ditepis. Beberapa peluang bagus yang tidak bisa dimanfaatkan Inggris pada babak pertama membuat skor bertahan 1-1 hingga turun minum.

Kedua tim selanjutnya sama-sama sulit untuk menemukan celah dan membongkar pertahanan lawan. Inggris baru semakin menekan di menit-menit akhir babak kedua. Akhirnya gol kemenangan yang ditunggu datang di menit 90+2.

https://twitter.com/Sporf/status/1008800457366663168

Kembali dari sepak pojok, Kane mencetak gol melalui proses yang hampir mirip. Kane yang menunggu di dekat tiang gawang langusng menanduk bola liar hasil sundulan Harry Maguire. Kiper Tunisia cuma bisa diam saja macam Patung Pancoran saat melihat bola masuk ke gawangnya.

Inggris mengunci kemenangan 2-1 tersebut hingga pertandingan usai. Tunisia harus mengalami sesak napas gara-gara bobol menit akhir.

Mereka menjunjung tinggi solidaritas tim Afrika Utara yang dibobol akhir-akhir seperti Maroko dan Mesir. Gara-gara gol tersebut jadi kalah pula.

Pelatih Inggris, Gareth Southgate mengatakan bahwa timnya memang pantas menang di laga itu karena menciptakan lebih banyak peluang.

“Saya senang dengan cara kami bermain meski waktu sudah hampir habis. Kami tetap sabar, tidak sekadar melepaskan crossing ke kotak penalti. Kami pantas menang. Kami menciptakan banyak peluang emas, terutama di babak pertama dan mengontrol penuh babak kedua,” kata Southgate dikutip dari Detik.

https://twitter.com/sportbible/status/1008930120558694400

Main photo: uk.reuters.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here