Timnas Belanda seperti diketahui baru saja ditinggal Ronald Koeman yang memutuskan menjadi pelatih Barcelona. Federasi sepak bola Belanda (KNVB) lantas menunjuk legenda timnas lainnya untuk mengisi posisi yang lowong tersebut.

Nama Frank de Boer dipilih untuk menggantikan Koeman yang tidak ada hubungannya dengan Veronica Koman.

Seperti dilansir Detik dari De Telegraaf, awalnya pihak federasi memiliki tiga kandidat kuat untuk menjadi pelatih timnas Belanda yaitu De Boer, Peter Bosz, serta Frank Rijkaard.

De Boer lantas dipilih bukan karena dicap-cip-cup atau hitung kancing macam sedang ujian pilihan ganda, namun kedua kandidat lainnya menolak tawaran tersebut.

Bosz memilih bertahan dengan pekerjaannya saat ini bersama Bayer Leverkusen, sedangkan Rijkaard tak berminat melatih kembali usai menyatakan pensiun pada 2016.

https://twitter.com/sportbible/status/1308740134179872768?s=20

De Boer pun menjadi satu-satunya kandidat yang tersisa dan sudah sepakat dengan kontrak yang diberikan yaitu hingga 2022. Ia rencananya akan diperkenalkan sebagai pelatih baru paling cepat akhir pekan ini atau selambat-lambatnya awal pekan depan.

Nama Ruud van Nistelrooy disebut akan menjadi asisten De Boer nantinya.

Meski dikontrak hingga musim panas 2022, idealnya kinerja de Boer akan dievaluasi setelah Piala Eropa tahun depan. Jika hasilnya bagus, maka ia bisa diperpanjang hingga Piala Dunia 2022, yang akan digelar akhir tahun.

Keputusan menunjuk De Boer memang bisa dibilang sedikit nekat. Sebab pelatih yang satu ini punya reputasi yang tidak cukup baik dalam menangani sebuah skuat.

Inter dan Crystal Palace jadi dua tim yang dilatihnya. Tapi karier De Boer di dua klub tersebut hanya seumur bakwan warteg. Digoreng pagi, sorenya juga sudah lemes. Cepat sekali.

Bahkan De Boer kurang dari dua bulan yang lalu juga dipecat oleh Atlanta United (MLS).

Kariernya berjalan cukup baik saat menangani Ajax yang dibawanya meraih empat gelar Eredivisie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here