Sir Alex Ferguson merupakan salah satu manajer tersukses dalam sejarah Premier League. Atas segala prestasinya tersebut, nama Fergie diabadikan oleh Glasgow Caledonian University untuk menjadi nama perpustakaan.

Ferguson dikabarkan menghadiri langsung peresmian perpustakaan yang diadakan tanpa potong tumpeng tersebut. Acara gunting pita secara simbolis menandai pegantian nama perpustakaan yang dahulu bernama Saltire Centre.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah pejabat kampus seperti Profesor Pamela Gillies yang merupakan wakil rektor dari kampus tersebut. Sementara itu para mahasiswa-mahasiswa abadi yang sudah semester 12 belum lulus-lulus nampaknya tidak ada.

Menurut Pamela Gillies, Ferguson pantas mendapat kehormatan tersebut karena kontribusi dan juga prestasi yang luar biasa selama berkarier sebagai pelatih sepak bola.

Sosok Ferguson dianggap sebagai pahlawan setempat yang menginspirasi bagi para mahasiswa di kampus tersebut.

“Perpustakaan kampus diberi nama Sir Alex Ferguson bertujuan untuk mengingatkan kita akan prestasinya yang luar biasa dan kontribusinya dalam memelihara bakat siswa kami di Glasgow Caledonian University,” kata Pamela Gillies dalam sambutannya sepeti dikutip dari Bola.com.

“Bagi saya dia juga local hero yang menularkan pencapaian fenomenalnya sebagai manajer sepak bola tersukses dan pemimin yang luar basa inspiratif. Kami merasa perpustakaan itu adalah jantung kampus dan menjadi gedung yang paling tepat untuk berganti nama.”

Sementara itu Ferguson menyumbang sebagian barang pribadinya untuk menjadi koleksi perpustakaan tersebut.

Beberapa barang tersebut termasuk kostum sepak bola lama, papan catatan di awal melatih, dan piala manajer terbaik yang pernah diraihnya.

Pokoknya perintilan-perintilan yang menandai sejarah perkembangan melatih Ferguson ada semua. Mungkin kalau bisa, setiap permen karet yang dikunyahnya dalam sekian ratus pertandingan bersama Manchester United nanti juga dikumpulkan.

Selain itu, Ferguson juga melengkapi koleksi pribadinya dengan foto masa kecil, foto tim Queens Park musim 1958/59, sertifikat melatih 1979 dan catatan harian dari 1993–termasuk catatan saat pertama kali merebut gelar juara bersama Manchester United.

“Saya punya hubungan yang istimewa dengan GCU selama bertahun-tahun dan ini sebuah kehormatan besar kampus itu memilih nama saya untuk perpustakaannya,” kata Fergie.

“Kampus ingin memberi wawasan tentang sosok yang dijadikan nama perpustakaan itu dan saya berharap dengan menyumbang benda-benda pribadiku bisa membantu,” bebernya.

Ferguson menangani MU sejak 1986 hingga 2013 lalu. Sebelum akhirnya memutuskan pensiun, Fergie telah membawa Setan Merah merebut setidaknya 38 gelar juara, termasuk 13 gelar Premier League, lima gelar Piala FA, hingga dua gelar Liga Champions.

https://twitter.com/TheSunFootball/status/1189623504410267648?s=20

Main photo: heraldscotland.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here