Eric Cantona dinobatkan sebagai pemenang penghargaan UEFA President’s Award 2019. Cantona menjadi pemain ketiga Manchester United yang menerima penghargaan tersebut.

Pemain yang satu ini dikenal dengan gayanya yang ‘dingin’ di atas lapangan. Ada AC-nya mungkin di dalam seragam Cantona saat bertanding. Pokoknya cool sekali gaya pemain yang satu ini.

Selain itu Cantona juga cukup dikenal sebagai pemain yang kerap kali melakukan tekel-tekel keras kepada musuh. Kalau main PS mungkin joystick dari Cantona ini tombol bulat semua yang biasa dilakukan untuk menyleding.

Kalau bermain di zaman sekarang, mungkin sudah habis semua pemain-pemain yang doyan diving, di-sleding di leher sama Cantona.

Jangankan pemain, bahkan penonton pun pernah merasakan nikmatnya sledingan dari Cantona. Saat itu pada pertandingan Premier League di Selhust Park melawan Crystal Palace, seorang penonton kena tendangan kung-fu dari Cantona.

Hal tersebut dikabarkan bermula akibat celaan yang dikatakan oleh penonton tersebut. Cantona lantas tampak kesal dan langsung melepaskan tendangan terbang ke arah penonton yang berdiri tepat di pinggir lapangan.

Tapi selain gaya permainannya yang keras, Cantona juga merupakan sosok yang berjasa bagi kubu Manchester United di awal kejayaan mereka di era Premier League.

Selama kariernya untuk “Setan Merah”, Cantona membantu MU meraih sembilan gelar juara di pentas domestik. Empat di antaranya adalah trofi juara Premier League dan dua gelar Piala FA.

Tak hanya menunjukan performa yang bagus saat menjadi pemain, Cantona juga dikenal sebagai pribadi baik yang sering terlibat dalam proyek kemanusiaan. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat Cantona dianugrahi penghargaan tersebut.

“Penghargaan ini tidak hanya mengakui kariernya sebagai pemain kaliber tertinggi,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, seperti dilansir CNN Indonesia dari situs resmi UEFA.

“Tetapi juga menghormati orang sepertinya yang yang menolak kompromi, membela nilai-nilainya, berbicara jujur, dan secara khusus menaruh hati dan jiwanya untuk mendukung tujuan yang dia yakini,” ujarnya.

Sebelum Cantona, dua pemain MU lain juga pernah menerima penghargaan tersebut yaitu David Beckham dan Sir Bobby Charlton.

Selama memperkuat MU, Cantona tampil dalam 174 pertandingan dengan catatan 79 gol serta 59 assist.

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here