Oleh: Fahmi Adlansyah

Foto adalah sebuah karya yang dapat memberikan persepsi terhadap penikmatnya atau masyarakat umum. Bisa juga hanya menjadi kenang-kenangan pribadi saja. Apalagi kalau foto-foto syur.

Sepak bola dan fotografer ternyata mempunyai kedekatan yang unik. Terkadang foto memberikan sebuah kenangan yang sangat indah begitu juga sebaliknya. Layaknya mengingat mantan yang sudah punya pacar tapi kita masih menjomblo.

Sepak bola dapat ditulis dapat pula dibukukan. Namun, fotografi sepak bola punya penikmat dan persepsi sendiri. Kamera-kamera besar yang berada di pinggir lapangan siap untuk menyorot kejadian penting sampai kejadian yang tidak penting.

Fotografer sangat penting bagi pemain, pertandingan, dan klub. Yang mengherankan lagi penempatan fotografer yang berada di pinggir lapangan layaknya pelatih dan jajaran orang penting lainnya karena fotografi menjadi cerita atau pendongeng yang siap mangabadikan momen-momen yang ada di dunia sepak bola.

Berikut nama fotografer yang sudah lama memberikan karya terbaiknya untuk eksistensi klub dan pemain:

1. Mark Leech

Fotografer Liga Inggris ini mendapatkan penghargaan fotografer terbaik pada tahun 2012. Leech yang sempat mencoba peruntungan di dunia foto wedding walaupun akhirnya kurang beruntung. Dia malah sukses di dunia sepak bola.

Hasil gambar untuk mark leech photographer
Salah satu karya Leech pada Piala Dunia 2010. (Source: BBC)

2. Robin Parker

Masih di sepak bola Inggris, fotografer yang pernah mengabadikan momen salto Wayne Rooney saat melawan Manchester City tepat 4 tahun lalu. Belum diketahui usaha Parker sebelum menggeluti dunia fotografer, mungkin dia pernah mencoba ternak lele namun gagal.

Hasil gambar untuk robin parker rooney
Karya paling fenomenal Parker. (Source: Fotosports International)

3. Sophie Cook

Fotografer Liga Inggris ini bisa dianggap kontrversial karena dia adalah fotografer transgender pertama di liga tersebut. Dia adalah seorang fotografer klub Bournemouth. Nama aslinya adalah Steve. Kalau nama malam berubah jadi Sophie.

Hasil gambar untuk stevie sophie photography premier league
Serem juga ya? (Source: Bournemouth Echo)

Shopie mengaku bahwa jiwa perempuan dia terkungkung dalam raga laki-lakinya. Mungkin Sophie mencontoh Bunda Dorce yang telah duluan menjadi seorang yang trangender. Pada usianya yang 48 tahun ini lah Sophie memantapkan hatinya untuk memilih menjadi wanita.

Tapi, semua ini tidak menjadi masalah untuk manajemen Bournemouth. “Shopie akan tetap menjadi fotografer tim kami,” ujar Eddie Howe, pelatih Bournemouth.

Hasil gambar untuk stevie sophie photography premier league
Ini dia wajah aslinya waktu masih jadi Steve. (Source: Telegraph)

4. Fabio Rossi

Fotografer asal Italia ini khusus mengabadikan tim serigala tua ibukota Roma, kebanyakan karya dia lebih memfokuskan kepada sang maestro lapangan Roma yaitu Fransesco Totti. Tidak menutup kemungkinan Rossi menjadi salah satu fotografer pernikahan Totti, kalau perlu Ayu Ting Ting kalau mau menikah lagi.

Rossi mempunyai partner dalam bekerja yaitu Luciano. Mereka telah bekerjasama dengan Roma selama 15 tahun lebih. Tidak hanya momen di dalam lapangan saja, di luar lapangan pun mereka masih sering mengabadikan momen menarik dari klub Ibukota Italia ini.

Hasil gambar untuk fabio rossi totti
Hasil karya si ganteng Totti oleh Fabio Rossi. (Source: Matt Lumine)

5. Christian Gavelle

Gavelle merupakan fotografer kawakan yang dimiliki klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Dia sudah memberikan karya-karya terbaiknya selama tiga dekade bersama klub Ibukota Prancis. Bahkan CGavelle telah membuat buku yang berisi tentang karya-karya favoritnya.

Nama buku barunya tersebut adalah “Culture Club; 30 Ans De Photographies Au PSG”. Buku itu belum bisa didapatkan di toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, apalagi Kuitang. Mungkin sudah ada di situs jual beli sepert Ebay.

Hasil gambar untuk christian gavelle
Gavelle sudah setia bersama PSG sejak zaman jebot. (Source: PSG.fr)

Itulah beberapa fotografer-fotografer yang telah memberikan jepretan terbaiknya untuk klub-klub tercintanya bahkan pemain-pemain idolanya. Perlu kita berikan apresiasi lebih terhadap mereka karena jasa mereka lah, klub dan pemain mempunyai foto-foto bagus untuk bisa di-post di Instagram atau media sosial lainnya.

Kalau di Indonesia, biasanya para pemain meminta foto kepada wartawan-wartawan olahraga. Foto tersebut akan jadi kenangan terindah buat mereka yang bisa dipajang di ruang tamu. Jadi kalau lebaran, bisa pamer kepada tetangga kanan-kiri.

Main photo: Adorama


CimenkFahmi Adlansyah

Pecinta cilor, fans Persikad Depok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here