Prancis dipastikan lolos ke putaran final EURO 2020 dengan status juara grup. Hasil tersebut didapat usai mengandaskan perlawanan Albania di Arena Kombetare dengan skor 2-0.

Laga ini sejatinya merupakan laga ke-100 Didier Deschamps sejak ditunjuk untuk menjadi pelatih Prancis dari tahun 2012 yang lalu.

Sudah lumayan lama juga ternyata dia jadi pelatih. Dari zaman Prabowo mendukung Jokowi maju di Pilkada DKI, menjadi rival dua kali di Pilpres, hingga kini kembali menjadi bro dalam pemerintahan.

Selama itu pula Deschamps tetap melatih timnas Prancis hingga akhirnya mencapai dua kali final turnamen mayor yaitu EURO 2016 serta Piala Dunia 2018. Pada final yang kedua, Prancis mampu keluar sebagai pemenang.

Untuk Deschamps, laga ke-100 ini cukup spesial sebab ia menjadi pelatih pertama “Les Blues” yang mampu menjalani laga hingga sebanyak itu.

Adapun statistik Prancis selama dipegang Deschamps adalah meraih 65 kemenangan, 18 seri, dan 17 kalah. Persentase kemenangannya mencapai 65%.

Sudah seharusnya laga ini memang berkesan bagi Deschamps sendiri. Setidaknya bisa menang dengan skor 24-0. Jadi akan teringat terus bagaimana laga ke-100 Deschamps.

https://twitter.com/Squawka/status/1196163311030722560?s=20

Tapi nyatanya Prancis nyatanya tidak mampu menang dengan skor yang tidak berperkebolaan di laga tersebut. Mereka hanya menang 2-0 saja.

Meski demikian sejumlah hasil bagus dihasilkan Prancis di laga itu. Seperti salah satunya adalah Griezmann yang mampu kembali menunjukan performa bagus setelah sekian lama.

Maklum, sejak pindah ke Barcelona, hanya rambutnya saja yang makin gondrong. Permainannya biasa-biasa saja. Malah cenderung menurun.

Tapi tadi malam Griezmann terlibat pada dua gol yang dicetak oleh Prancis. Pertama Griezmann memberi assist bagi gol Corentin Tolisso di menit kedelapan.

Tendangan bebas Griezmann disambut Tolisso dengan sebuah sundulan terarah ke ujung gawang. Skor 1-0 untuk Prancis.

Jalannya laga sendiri cukup keras meski tidak sekeras gim Road Rash PS. Banyak terdapat kontak fisik yang terjadi antara kedua kesebelasan.

Prancis akhirnya menggandakan keunggulan di menit ke-31 melalui Griezmann. Umpan Leo Dubois langsung disambar Griezmann di depan gawang tanpa basa-basi. Hingga laga usai tidak ada lagi gol tercipta. Skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Prancis.

Hasil ini memastikan Prancis melenggang ke putaran final EURO 2020 dengan status juara Grup H berkat 25 poin dari 10 laga, memimpin dua angka dari Turki.

“Saya tersentuh oleh apa yang orang katakan tentang permainan saya yang ke-100,” kata Deschamps, seperti dilansir Detik. “Ada kebanggaan pribadi, tetapi yang terpenting saya bangga dengan pemain saya dan semangat mereka,”

Main photo: uk.reuters.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here