Gelaran Piala Dunia 2018 sudah selesai digelar beberapa hari yang lalu. Tak terasa, Piala Dunia 2022 tinggal menunggu kurang lebih empat tahun lagi. Ajang Piala Dunia memang menjadi tempat unjuk gigi bagi para pemain.

Bagaimana tidak, perhatian seluruh dunia tertuju pada Piala Dunia kurang lebih selama sebulan penuh. Mau titip-titip salam untuk gebetan atau orang sekampung halaman, bisa dilakukan para pemain ketika sedang bertanding. Sayang tidak ada yang melakukannya sepanjang gelaran tahun ini. Semoga bisa terwujud ketika Indonesia masuk Piala Dunia.

Bukan hanya bagi para pemain kesempatan untuk caper bahkan juga digunakan oleh anggota Pussy Riot untuk menyampaikan aspirasinya. Segala hal detail dan unik yang terjadi di Piala Dunia dalam hitungan detik saja menyebar ke penjuru muka bumi.

 

https://twitter.com/Football__Tweet/status/1018814922661285888

Kesempatan ini jelas digunakan sebaik mungkin bagi para pemain yang mendapat kesempatan untuk berlaga. Seperti edisi-edisi sebelumnya, ada saja pemain antah berantah yang namanya mencuat selama Piala Dunia.

Berikut, Bolatory akan menyajikan beberapa nama yang kurang dikenal, tapi sukses mencuri perhatian selama Piala Dunia. Meski tidak dijanjikan akan bermain bagus ke depannya, setidaknya para pemain ini masih bisa unjuk gigi ketika sedang difoto. Sebelumnya, jangan harapkan ada nama-nama macam Yeni dari Bojongkoneng.

1. Cho Hyun-woo

Hasil gambar untuk cho hyun woo world cup

Kiper yang satu ini jika dilihat dari namanya sudah dipastikan bukan orang Cisauk. Nama yang bersangkutan adalah kiper dari Korea Selatan yang berada di grup F. Meski timnya dipastikan tidak lolos dari fase, pemain-pemain yang wajahnya katanya mirip bintang K-Pop ini berhasil menujukan perlawanan di pertandingan terakhir ketika melawan Jerman.

Enam penyelamatan Hyun-woo membuat gawang Korea Selatan aman terkendali hingga akhir pertandingan. Korea Selatan pada akhirnya bisa menang 2-0 sekaligus mengajak Jerman untuk mudik bersama walau beda kampung halaman.

2. Yerry Mina

Hasil gambar untuk yerry world cup

Bek Kolombia ini sebenarnya sudah cukup dikenal saat direkrut Barcelona. Tapi selama enam bulan di sana tak ada hasil apa-apa. Beruntung, di Piala Dunia kali ini dia berhasil membuktikan dirinya lebih hebat dibanding Lionel Messi, Thomas Muller, bahkan Pele sekalipun.

Ketiga orang tersebut tidak ada yang bisa mencetak lebih banyak gol di Piala Dunia 2018 dibanding Mina tanpa akhiran waka-waka e e ini. Total tiga gol disumbangkan pemain bertahan Kolombia ini sekaligus mengantarkan negaranya ke babak perdelapan final.

Sayang aksi Mina dan kawan-kawannya harus terhenti di tangan Inggris yang melaju berkat menang penalti. Mina yang sebelumnya kurang bersinar di Barcelona kini dikatakan mempertimbangkan untuk pindah klub.

3. Domagoj Vida   

Hasil gambar untuk domagoj vida world cup

Tidak banyak yang menyadari seorang Vida sebelum bergulirnya Piala Dunia. Selain karena rambutnya yang norak karena gondrong dan berwarna pirang macam dipikok, penampilan apiknya bersama Dejan Lovren di barisan pertahanan membuat Kroasia melaju hingga babak final.

Vida kini bermain untuk klub asal Turki yaitu Besiktas. Sejumlah klub tidak termasuk Persib Bandung dikatakan serius untuk meminangnya. Liverpool dikatakan sebagai yang terdepan berusaha mendapatkannya. Mungkin mau menduetkan dengan Lovren sama kayak di timnas. Selain itu ada West Ham dan Everton yang juga mengincarnya.

4. Harry Maguire

Hasil gambar untuk maguire world cup

Namanya kurang populer dibanding dengan bek-bek klub besar lainnya. Mungkin hanya keluarganya saja yang tahu betul tentang Maguire. Maklum, penampilannya di Leicester City tidak terlalu mencolok sebelum Gareth Southgate memutuskan untuk menjadikannya pilar utama “The Three Lions”.

Namun siapa sangka pria 25 tahun yang tidak gemar berbahasa Jawa ini menjadi salah satu sosok penting Inggris di Piala Dunia. Namanya semakin melejit setelah mencetak satu gol kala Inggris melawan Swedia.

5. Benjamin Pavard

Hasil gambar untuk pavard world cup

Seperti nama-nama lainnya, Pavard tidak terlalu diperhatikan oleh para pecinta sepak bola. Ditempatkan pada posisi bek kanan, Pavard membuktikan dirinya tidak andal mencetak gol menggunakan tangan. Selain bertahan, ia juga rajin dalam membantu serangan. Satu gol cantik ala Tsubasa miliknya juga membantu Prancis menang atas Argentina.

Pemain VFB Stuttgart ini kemudian langsung saja buru-buru digaet oleh Bayern Munchen. Kedua pihak juga kabarnya telah menemui kata sepakat meski belum ada pengumumannya di papan mading. Memang kalau ada yang jago di Bundesliga sepertinya hanya boleh diboyong oleh Munchen saja. Maruk memang.

https://twitter.com/brfootball/status/1017849942470217729

6. Aleksandr Golovin

Hasil gambar untuk golovin world cup

Pemain yang sejak SD sudah pandai membaca tulisan Sirilik ini menjadi salah satu pilar penting Rusia yang berhasil melaju hingga babak perempat final. Apalagi dengan harganya yang murah di Fantasy World Cup, dirinya berhasil jadi salah satu pilihan baik para manajer di liga Bolatory.

Satu gol dan dua assist dihasilkan Golovin selama Piala Dunia di kampung halamannya tersebut. Pemain CSKA Moskow ini belakangan dikaitkan sudah sangat dekat dengan Chelsea.

7. Denis Cheryshev

Hasil gambar untuk cheryshev world cup

Cheryshev menjadi pahlawan timnas Rusia pada gelaran Piala Dunia yang lalu. Pemain yang mencetak empat gol itu memastikan tim tuan rumah lolos hingga babak perempat final. Ketajaman sang pemain ini cukup mengejutkan banyak pihak. Pada awal turnamen pun ia tidak menjadi pilihan utama pelatih.

Andai nama-nama seperti Harry Kane, Kylian Mbappe, Cristiano Ronaldo, dan Romelo Lukaku mendapat cedera keram kuping sepanjang Piala Dunia, bukan tidak mungkin ia yang jadi pemegang top skor. Sebelumnya Cheryshev pernah gagal di Spanyol bersama Real Madrid. Kini ia pun tetap bermain di La Liga untuk Villarreal.

8. Hirving Lozano

Hasil gambar untuk lozano world cup

Nama Lozano langsung melejit berkat satu golnya ke gawang juara dunia 2014. Gol semata wayangnya itu membuat Meksiko menang atas Jerman pada pertandingan pertama di fase grup. Winger 22 tahun itu memiliki bisa berlari sangat cepat ketika kedua kakinya tidak terikat.

Lozano diproyeksikan akan menjadi bintang baru sepak bola dunia. Pemain PSV Eindhoven ini  sudah diincar oleh Barcelona. Bersama klub asal Belanda, Lozano mengemas 19 gol dan 11 assist dari 34 penampilan di semua kompetisi. Angka yang lebih mengejutkan lagi apabila sang pemain berposisi sebagai kiper.

9. Takashi Inui

Hasil gambar untuk takashi inui world cup

Pemain yang sepertinya belum pernah ikut bermain di acara Benteng Takeshi ini merupakan pemain asal Jepang.  Dua gol dan satu assist-nya turut mengantar Jepang melaju hingga babak 16 besar. Bahkan Jepang yang saat itu melawan Belgia, sempat unggul dua gol terlebih dahulu sebelum dibalas dengan comeback menyakitkan.

Memang Inui yang berusia 30 tahun ini sudah merasakan hebatnya kompetisi La Liga. Inui yang musim lalu bermain untuk Eibar, musim depan akan dipastikan bermain untuk Real Betis.

10. Artem Dzyuba

Hasil gambar untuk dzyuba world cup

Pemain Rusia berhasil unjuk gigi pada gelaran yang digelar di negara sendiri. Tak terkecuali bagi pemain yang menjadi target-man Rusia ini setinggi 1,96 meter. Badan yang menjulang tinggi meski tidak sampai setinggi pohon kelapa membuatnya dengan mudah memenangkan pertarungan bola atas.

Penyerang berusia 29 tahun dengan tipe Olivier Giroud ini , walau tidak meraih gelar Piala Dunia bisa lebih sombong sedikit di grup WA “Striker Ujung Tombak Peserta Piala Dunia 2018”. Pasalnya Dzyuba mencetak tiga gol dan tiga assist selama penampilannya bersama Rusia.

11. Ante Rebic

Hasil gambar untuk ante rebic world cup

Pemain 24 tahun ini langsung jadi buah bibir berkat penampilannya setelah melawan Argentina. Rebic yang orangnya entah rebek atau tidak, berhasil mencetak satu gol memanfaatkan assist dari Willy Caballero. Dia juga jadi langganan starter Kroasia sampai ke final.

Usai Piala Dunia, namanya langsung dikaitkan dengan tiga klub liga Inggris yaitu Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Manchester United. Belum bisa dipastikan pemain Eintracht Frankfrut ini akan kemana, yang pasti ia tidak akan bergabung dengan Persikad Depok.

Main photo: ticotimes.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here