Mendengar nama John Obi Mikel, kebanyakan orang tentunya lekat dengan ingatan bahwa dirinya merupakan sosok gelandang tangguh Chelsea. Ternyata sebelum merapat ke raksasa London, Obi Mikel sebelumnya juga diincar oleh Manchester United. Wow!

Sebetulnya berita itu biasa saja, tak ada yang spesial. Kecuali sebelum gabung Chelsea, dia pernah dilirik Persipasi Bekasi. Barulah “wow”.

Namun, dia kemudian mengungkapkan cerita menarik yang tidak bisa ditemukan pada website cerita stensil, di balik kegagalannya menjadi pemain “Setan Merah”. Ternyata Obi Mikel lebih memilih pindah ke Chelsea demi menjamin karier tiga pemain muda lainnya. Pengorbanan yang sungguh luar biasa dari Obi Mikel ini.

Cerita bermula dari seorang pemuda Nigeria yang bermain bagus di klub bernama FC Lyn Oslo. Performanya yang jelas lebih jago dari pemain bulu tangkis disuruh main sepak bola, membuatnya menjadi rebutan dua klub raksasa Premier League.

Ketika itu MU dan Chelsea adalah kedua tim yang terdepan untuk mendapatkan tanda tangan sang rising star. Untung saja saat itu Persipasi tidak ikutan menawar. Bisa-bisa Obi Mikel justru pindah ke Liga Indonesia. MU dan Chelsea bahkan memberikan tawaran yang jumlahnya sama besar untuk Obi Mikel.

Hal yang sempat membuat PHP berlebih adalah Obi Mikel sempat berfoto mengenakan kostum “The Red Devils” ketika itu. Mungkin jersey KW-nya MU sudah diproduksi di Indonesia. Namun tiba-tiba Obi Mikel justru memilih merapat ke Chelsea untuk menjadi klub barunya.

Pilihannya bisa dibilang tepat. Selama kurang lebih sepuluh tahun berada di Stamford Bridge, ia membawa “The Blues” memenangkan banyak gelar. Kecuali Thomas dan Uber Cup.

https://twitter.com/OBAKSOLO/status/1011911811577368576

Total sembilan gelar diraih Obi Mikel bersama Chelsea. Termasuk di dalamnya adalah dua gelar Liga Premier dan masing-masing satu gelar Champions serta Liga Europa.

“Semua orang seperti berebut mendapatkan saya. Agen, manajer, hingga orang-orang yang membawa kontrak sibuk dengan transfer ini. Alex Ferguson menelepon saya demikian juga Roman Abramovich. Sebagai pemain muda tentu saya sangat bingung,” kata Mikel seperti dikutip dari Liputan6.

Tak ada yang menyangka bahwa ternyata di balik proses kepindahan Obi Mikel yang tiba-tiba memilih Chelsea, terdapat cerita yang mengharukan. Mungkin nanti bisa dijadikan cerita untuk tayangan Kisah Nyata di Trans7. Tidak nyambung jika dimasukan ke program Mister Tukul Jalan-Jalan.

Sebab andai ia setuju untuk bergabung dengan “The Blues”, Chelsea dikatakan siap untuk merekrut tiga pemain muda Nigeria lainnya. Dengan kata lain Obi Mikel seperti ‘pelicin’ bagi pemain muda Nigeria yang lain untuk mengembangkan karier di klub Liga Inggris.

“Tiga orang itu nasibnya tergantung saya, jika saya ke MU maka Chelsea juga tidak jadi merekrutnya. Itu akhirnya saya memilih Chelsea dan empat orang berubah hidupnya sejak saat itu,” katanya.

Sayangnya, Mikel tak menyebut lebih lanjut siapa saja pemain Nigeria yang dimaksud. Yang jelas, pria berwajah ganteng mantap itu ternyata memiliki sikap mulia demi mengubah rekan-rekannya sesama Nigeria. #Respect

https://twitter.com/IndyFootball/status/1010179645973716993

Main photo: demo.www.squawka.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here