Harta yang paling berharga adalah keluarga”. Sepenggal lirik dari soundtrack sinetron Keluarga Cemara tahun 90-an itu tampaknya diresapi betul oleh salah seorang gelandang timnas Inggris. Kala sedang memperkuat negaranya di gelaran Piala Dunia 2018 Rusia, Fabian Delph masih saja menaruh perhatian besar terhadap keluarganya.

Delph kabarnya sempat meninggalkan Piala Dunia demi menemani istri yang akan melahirkan sebelum laga melawan Kolombia di babak 16 besar. Dia pun mendapat izin dari timnas sehingga harus terbang melintasi angkasa tanpa menggunakan GO-JEK dan sejenisnya.

Gelandang timnas Inggris tersebut dikatakan langsung terbang ke Inggris setelah “The Three Lions” takluk dari Belgia pada laga terakhir fase grup. Ia pulang kampung sementara untuk menemani sang istri bernama Natalie tanpa Portman yang akan melahirkan sehari setelahnya.

Akibatnya, Delph terlambat untuk mengikuti latihan bersama skuat timnas Inggris untuk persiapan melawan Kolombia. Namun pelatih Gareth Southgate sendiri memaklumi keputusan Delph tersebut. Ia tidak lantas menghukum Delph dengan tidak dikasih uang jajan selama seminggu.

“Saya berpikir bahwa beberapa hal dalam kehidupan ini jauh lebih penting daripada sepak bola,” kata Southgate dikutip dari Liputan6.

Southgate juga menambahkan bahwa Piala Dunia memang turnamen besar, namun keluarga tidak boleh dilupakan. Mungkin dia sempat menonton Keluarga Cemara sehingga menggunakan filosofi dari keluarga tersebut. Kalau perlu sekalian berjualan opak.

“Istrinya juga harus mendapatkan perhatian yang sama. Saya telah mengatakan kepada para pemain bahwa Piala Dunia ini adalah turnamen besar, tetapi keluarga lebih penting,” ujarnya.

Entah diberikan nama apa anak Delph nantinya. Kalau orang Indonesia biasanya nama sang anak akan disamakan dengan salah satu figur yang saat itu sedang menjadi buah bibir.

Berhubung sedang mengikuti Piala Dunia, mungkin saja nanti anak dari Delph akan diberi nama Kane, Griezmann, ataupun Mertens. Asal jangan nama pemain Polandia saja yang sulit dieja.

Namun beda lagi jika Delph merupakan warga negara Indonesia. Berhubung yang sedang populer disini adalah Tik Tok, mungkin saja anak dari Delph dinamakan Bowo. Untuk embel-embel Alpenliebe, mungkin Delph akan sedikit kreatif dan melakukan modifikasi dengan menggati namanya dengan permen lain. Mungkin saja Alpenliebe diganti dengan Yosan, Hot Hot Pop, ataupun Sugus.

Inggris sendiri akan menghadapi Kolombia pada Rabu (4/7/2018). Meskipun belum mengumumkan skuat, Southgate mengatakan Delph berpotensi untuk berada dalam starting line-up.

“Tapi bagi saya, sekali lagi, itu adalah sedikit perspektif dalam hidup karena semua orang mengatakan Anda hanya mendapat satu kesempatan untuk berada di Piala Dunia. Namun, juga hanya ada satu hari dalam hidup Anda ketika anak-anak Anda dilahirkan,” katanya.

Main photo: thetimes.co.uk

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here