Sosok Zlatan Ibrahimovic mungkin sudah diibaratkan seperti nabi bagi para penggemar fanatik sepakbola di Swedia. Bayangkan, sekitar delapan juta suporter Paris Saint Germain (PSG) asal Swedia rela berpindah hati menjadi fans Manchester United (MU).

Tentu saja, fans-fans asal Swedia itu bukan tipe fans yang loyal kepada klub. Tapi loyal kepada sang pemain. Di manapun Ibra -bukan Azhari- bermain, mereka akan jadi fans karbitan klub tersebut. Besar kemungkinan mereka juga akan jadi fans karbitan Persiwa Wamena jika Ibra pindah ke klub berjuluk “Kasuari Hijau” itu.

Meski tidak ada kabar, berita, ataupun minat sama sekali bagi Ibra untuk bermain di Persiwa. Tapi Tuhan maha pembolak-balik hati, siapa tahu saja Ibra berminat main di Indonesia. Tentu negara ini akan kedatangan turis tambahan sebesar delapan juta orang.

Apapun itu, Ibra seakan sudah jadi tokoh nasional di Swedia. Mengalahkan perdana menteri Stefan Lofven yang wajahnya mirip Gonzalo Higuain jika sudah tua.

Berbagai penghargaan baik bersama klub dan individu diraihnya selama mencari sesuap nasi di lapangan hijau. Dia bahkan menjadi langganan Guldbollen, penghargaan atlet pria terbaik Swedia, sembilan tahun berturut-turut.

Ibrahimovic idola semua remaja (New York Daily News)
Ibrahimovic idola semua remaja (New York Daily News)

Adalah senior Ibra di Swedia dan MU, Jesper Blomqvist, yang mengungkapkan terjadinya arus urbanisasi besar-besaran dari Paris ke Manchester.

“Dia adalah tokoh terbesar di Swedia. Dia merilis parfum sendiri, mobil Volvo, pakaian olahraga, dan tak pernah berhenti bermain untuk timnas,” ujar Blomqvist kepada The Sun. 

Blomqvist paham betul soal ini. Dia memang banyak bekerja dengan perusahaan travel di Swedia. Mungkin bisnis kecil-kecilan.

Blomqvist waktu masih lucu-lucunya (Taringa)
Blomqvist waktu masih lucu-lucunya (Taringa)

“Saya banyak bekerja dengan perusahaan travel di Swedia ke Manchester. Ketertarikan mereka berlipat-lipat, saya kira PSG telah kehilangan sekitar delapan juta suporter di Swedia dan sekarang mereka jadi fans MU. Tidak semuanya, tapi rata-rata seperti itu,” ucap pria yang seumuran dengan Ryan Giggs itu.

Fans rupanya berbondong-bondong terbang ke Manchester cuma untuk menyaksikan mantan pemain Juventus, Inter, dan Milan itu. Entah karena benar-benar ingin menyaksikan skill olah bola atau hanya sekadar melihat wajahnya yang sekilas mirip Gerard Depardieu, pemeran Obelix di film Asterix & Obelix.

Blomqvist, yang rambutnya pirang seperti mentega cair itu juga menuturkan, “Mereka menjual lebih banyak tiket penerbangan ke Manchester. Saya sudah melakukannya bertahun-tahun, tapi baru kali ini ada sepuluh kali lipat panggilan dari perusahaan yang ingin saya datang bersama para suporter.”

Blomqvist dewasa
Blomqvist dewasa

Kepergian Ibra memang membawa dampak bagi PSG, tak cuma dari sisi jumlah suporter tapi juga dari prestasi. “Les Parisiens” tumben-tumbenan berada di peringkat kedua klasemen Ligue 1. Sesuatu yang jarang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini. Sejarang Raffi Ahmad berada di rumahnya karena sibuk.

Prediksi wajah Ibra kalau sudah tua. Gerard Depardieu (bestfrenchmovies)
Prediksi wajah Ibra kalau sudah tua. Gerard Depardieu (bestfrenchmovies)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here