Rekrutan anyar Liverpool tak perlu waktu hingga 500 tahun macan Sun Go Kong yang dihukum di gunung lima jari, untuk bisa tampil impresif. Pada laga pertamanya bersama “The Reds”, Xherdan Shaqiri berhasil unjuk gigi dengan membuat satu assist dan satu gol cantik yang bukan hadiah dari beli cairan pencuci piring.

Liverpool berhadapan dengan musuh bebuyutan Manchester United pada laga International Championship Cup (ICC) yang digelar di Amerika. Laga tersebut merupakan laga kedua Liverpool pada ajang ICC yang digelar di Michigan Stadium.

Pada laga itu Shaqiri tampil sebagai pemain pengganti setelah jeda babak pertama. Pemain timnas Swiss itu menggantikan Mohamed Salah. Namun dalam waktu hanya 24 jam kurang 23 jam lima belas menit itu ia bisa tampil impresif dan bahkan menjadi man of the match.

Tidak butuh waktu lama bagi Shaqiri untuk bisa mencuri perhatian seisi stadion yang dikabarkan dipadati lebih dari 100 ribu orang tersebut. Pada menit ke-66 Shaqiri memberikan sebuah assist yang berbuah gol oleh Daniel Sturridge.

Aksi selanjutnya yang tak kalah mengesankan dibanding goyangan #kikichallange Aura Kasih dilakukan Shaqiri ketika mencetak gol keempat Liverpool.

Memanfaatkan umpan silang Benjamin Woodburn di menit ke-82, Shaqiri melakukan sebuah tendangan sepeda alias bicycle kick yang membuat kiper MU hanya terdiam macam lagu Maliq & D’Essentials. Meski berpostur kecil, bisa-bisanya Shaqiri melakukan tendangan salto macam atlet Taekwondo tersebut.

https://twitter.com/Sporf/status/1023344513362870274

Pada laga tersebut, Liverpool berhasil menghancurkan pasukan Jose Mourinho dengan skor 4-1. Dua gol lainnya dicetak melalui penalti Sadio Mane dan penalti Oluwaseyi Ojo. Sedangkan satu gol balasan MU dicetak Andreas Pereira melalui sebuah eksekusi bola mati.

Usai laga, Jurgen Klopp langsung memuji penampilan dari Shaqiri yang bukan saudara dari Shakanan. Menurutnya Shaqiri sudah kayak bunglon kebon, sangat cepat beradaptasi dengan Liverpool. Hal tersebut menurut Klopp adalah sesuatu yang tidak normal.

“Itu tidak normal setelah hanya empat hari bersama klub, beradaptasi dengan gaya permainan seperti itu. Kami ingin membantunya sedikit dengan posisi hingga tidak terlalu rumit, memberinya banyak kebebasan, bermain natural secara ofensif,” ujar Klopp, dikutip dari Liputan6.

Shaqiri sendiri merupakan pemain terbaru Liverpool pada bursa trasnfer musim panas ini. Ia direkrut dari Stoke City yang harus terdegradasi. Dengan biaya 14,7 juta euro, Liverpool bisa mengamankan jasa pemain berpostur sedikit kecil namun tebal macam kue Brownies.

Bersama “The Potters” pemain berusia 26 tahun itu tampil sebanyak 92 laga dengan mencetak 15 gol serta 15 assist.

“Kami masih bermain sederhana dan cepat, membuat mereka terus bergerak. Ini adalah pertandingan pramusim. Jadi jika Anda membuat kesalahan, Anda harus kalah. Jika Anda belajar dari itu tidak apa-apa. Hari ini kami tidak membuatnya besar,” kata Shaqiri.

https://twitter.com/Sporf/status/1023310209744351232

Main photo: goal.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here