Sejak ditangani oleh Jurgen Klopp, Liverpool kembali menunjukan kualitasnya sebagai salah satu raksasa Eropa. Musim lalu pun mereka sempat memberikan perlawanan di Premier League. Bahkan “The Reds” juga melaju hingga babak final Liga Champions sebelum kalah akibat kipernya dikatakan mengalami gegar otak saat pertandingan.

Untuk musim depan, Liverpool tentunya akan lebih serius lagi dalam mengejar gelar. Mereka nampaknya tidak akan pilih-pilih lagi gelar mana yang mau didapat. Mungkin pikir mereka apapun gelarnya, yang penting buka puasa gelar dulu yang utama.

Bagaimana tidak, Liverpool sudah tidak pernah merasakan bagaimana rasanya mengankat piala. Hal tesrebut sudah berlangsung tahun-tahun, setidaknya dalam satu dekade terakhir. Status mereka sebagai salah satu raksasa Eropa perlahan memudar. Terakhir kali Liverpool sangat ditakuti mungkin ketika media sosial macam Friendster sedang ngetren-ngetren-nya.

Sejak menjuarai Piala FA di tahun 2006, mereka hanya meraih satu titel gelar di tahun 2012 ketika memenangkan Piala Liga.

Kering kerontangnya gelar juara Liverpool yang membuat lemari trofi mereka mungkin sudah dimakan rayap nyaris saja terhenti di musim lalu. “The Reds” melaju hingga babak final Liga Champions meski akhrnya takluk dari “Los Blancos” dengan skor 1-3.

Usaha mereka yang sudah sangat dekat dengan gelar juara tersebut kini makin mendekati kenyataan. Pada bursa transfer musim panas ini mereka menunjukan keseriusan untuk memperkuat skuat dengan belanja pemain besar-besaran.

Total mereka telah menghabiskan sekitar 174 juta poundsterliing untuk mendatangkan Naby keita, Fabinho, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker. Pembelian tersebut tentu saja dengan tujuan mendatangkan kesuksesan di musim depan.

https://twitter.com/brfootball/status/1022414059000487936

Manajer Liverpool Jurgen Klopp, mengatakan bahwa kini mereka akan menerima trofi apa saja demi mengakhiri puasa gelar. Sudah begitu menyedihkannya nampaknya Liverpool yang rela dapat gelar apapun yang penting bisa merasakan angkat-angkat piala.

Kalau sembarang gelar yang ingin didapat sih mudah sepertinya. Gelar kompetisi 17-an antar dusun di Inggris sana juga bisa jika mau mereka raih. Asal jangan gelar harapan pertama saja macam sedang ikut lomba cerdas cermat.

“Trofi apapun bagus. Apapun yang bisa Anda terima setelah sebuah final, terima saja. Saya pikir tidak ada perbedaan besar (tekanan untuk sukses). Hanya saja sekarang orang-orang mungkin dari (musim lalu), mereka sedikit lebih percaya, tapi tidak mengubah situasinya,” ujar Klopp dikutip dari Detik.

“Kami harus menggunakan potensi dan membuat kualitas dari situ. Tapi belum ada apapun untuk ditentukan sekarang ini. Semuanya mungkin dan marilah berusaha dan mengejar semuanya,” Klopp menambahkan.

Liverpool akan menjalani pertandigan pertama Premier League pada 12 Agustus nanti dengan menjamu West Ham di laga pertama.

https://twitter.com/ESPNFC/status/1022678108338630657

Main photo: theanfieldwrap.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here