Sebuah gebrakan langsung dilakukan PSSI empat hari setelah mereka mendapatkan ketua umum yang baru ciyee. Tanpa tedeng aling-aling, mereka resmi memecat Simon McMenemy dari kursi pelatih timnas Indonesia.

PSSI mengumumkan bahwa mereka resmi pisah jalan dengan Simon pada hari Rabu (6/11). Meski demikian pelatih yang berasal dari negara Sir Alex Ferguson itu tidak langsung berhenti bekerja.

Ia baru resmi dipecat setelah laga melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada 19 November mendatang.

Masih ada waktu beberapa hari yang cukup digunakan untuk mengirim-ngirim lamaran ke berbagai klub. Macam one month notice sepertinya. Bedanya Simon tidak resign melainkan dipecat. Entah dapat pesangon berapa dia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Simon atas kerja sama selama ini. Semoga laga melawan Malaysia kita mendapatkan hasil yang positif,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan a.k.a Iwan Bule seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Desakan untuk memecat Simon memang sudah menggema sejak dua bulan terakhir. Tepatnya setelah kekalahan Malaysia pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang para penontonnya cukup kocak.

Tagar #simonout makin menjadi setelah Indonesia terus menelan kekalahan di tiga laga selanjutnya. Dari empat laga kualifikasi Piala Dunia 2022, semuanya dilibas dengan 100 persen kalah.

Alhasil Indonesia kini berada di peringkat buncit Grup G dengan poin yang masih telur dan sepertinya belum ada tanda-tanda mau menetas.

Komite Eksekutif PSSI sendiri disebut sedang mencari calon pengganti Simon. Beberapa nama sudah diusulkan seperti mantan pelatih tim nasional Korea Selatan, Shin Tae Yong.

Selain itu ada juga lagu lama yang sepertinya akan kembali dirilis dalam kaset baru yaitu Luis Milla. Bahkan nama yang kedua sampai menjadi trending topic di Twitter hari ini.

Simon McMenemy mulai menangani Timnas Indonesia pada awal 2019. Pelatih asal Skotlandia ini dikontrak dua tahun hingga 2020 mendatang. Simon telah memimpin Timnas Indonesia sebanyak tujuh kali pertandingan. Tiga laga uji coba internasional (FIFA Match Day) dan empat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Main photo: tinmoi.vn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here