Hampir seluruh kompetisi sepak bola di Eropa terhenti akibat penyebaran corona atau COVID-19. Namun tidak untuk Liga Belarusia. Mereka secara resmi telah memulai kompetisi musim 2020 ini.

Benar-benar tidak ada tukads-tukadsnya orang Belarusia ini. Sudah dipasang ilmu tekbal corona semua mungkin.

Andai jadi film, lagu yang paling cocok untuk liga Belarusia ini adalah “No One Can Stop Us” dari DJ Dipha Barus sepertinya. Hebat sekali mereka saat semua orang ketakutan gara-gara corona, malah memulai liga musim baru.

“Am I a joke to you” meme kiriman corona di grup Whatsapp kepada Belarusia melihat mereka terus memulai liga.

Padahal Belarusia diketahui sebagai salah satu negara terdampak corona dengan catatan 69 kasus di negara bekas pecahan Uni Soviet tersebut.

Dilansir Detik dari The Sun, Belarusian Premier League kini menjadi satu-satunya kompetisi di Eropa yang masih memainkan laga sepakbola saat ini.

Sebelumnya, Liga Turki juga sempat menggeber terus pertandingannya pekan lalu, namun akhirnya resmi dihentikan pada Kamis pekan lalu.

https://twitter.com/jayjaycal4/status/1241677602760331264?s=20

Pada pekan lalu, Liga Belarusia baru saja memainkan pertandingan pertama mereka di musim ini. Sebanyak delapan laga digelar dan ditonton penggemar di stadion.

“Di Belarusia sepertinya tak ada orang yang peduli,” kata mantan bintang Arsenal dan Barcelona asal negara itu, Alexander Hleb, dikutip dari Tempo.

Belarusia yang belum memasuki fase kewaspadaan akan ancaman corona disebut tak lepas dari sikap Presiden Belarus, Alexa Lukashenko. Berkuasa sejak 1994, menurut The Sun, presiden ini kerap dilabeli sebagai “diktator terakhir di Eropa”.

Bahkan Lukashenko disebut menyarankan masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa.

Hleb sendiri menilai bahwa negaranya terlalu meremehkan corona. “Semua orang melihat apa yang terjadi di Italia dan Spanyol, itu tidak terlihat bagus.”

Ia lantas membuat sindiran dengan membuat sebuah lelucon. “Seluruh dunia sekarang menonton Liga Belarusia. Semua orang harus menyetel televisi mereka dan menonton kami,” kata dia.

Ia melanjutkan, “Ketika NHL (liga hoki) menutup musim, banyak pemain hoki es pergi ke Rusia untuk bermain. Mungkin Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sekarang bisa datang ke liga Belarusia untuk bisa tetap bermain, Anda tahu?” 

 “Sulit untuk menjelaskan negara saya. Semua liga tutup, tapi kami tak menganggap ada masalah. Mengapa? Saya tak tahu.”

Main photo: The18

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here