Penyebaran virus Corona di Italia belakangan makin terasa serius. Situasi genting membuat Perdana Menteri Italia, Guiseppe Conte, mengambil langkah tegas dengan menunda seluruh ajang olahraga hingga 3 April mendatang, termasuk Serie A yang kena pending.

Jelas saja pending bukan karena sinyal susah karena masih pakai handphone Esia yang sms per karakter. Namun karena demi keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat.

Ibarat main PlayStation, game terpaksa di-start, lalu save dulu di checkpoint karena disuruh anter emak belanja ke pasar.

Keputusan diambil seiring lonjakan kasus terkait virus Corona dimana terdapat 7.985 orang terdampak atau meningkat 1.598 kasus dibandingkan pada Minggu (8/3) lalu.

Sebanyak 97 orang juga meninggal akibat virus corona dalam 24 jam terakhir di Italia. Data terbaru ini membuat korban meninggal akibat virus corona jadi 463 orang.

“Kami juga menetapkan langkah-langkah yang lebih ketat untuk ajang olahraga. Serie A dan semua ajang olahraga ditangguhkan. Seluruh penggemar harus bisa menerima itu. Tidak ada alasan untuk kompetisi tetap berlangsung,” ujar Conte dikutip dari CNN Indonesia.

Penundaan ini jadi tahapan lanjutan setelah Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) merekomendasikan kepada pemerintah agar seluruh ajang olahraga di Italia yang telah berlangsung tanpa penonton untuk ditunda. 

Padahal Aaron Ramsey baru saja mencetak gol kontra Inter. Tapi yang tewas bukannya virus corona-nya, malah Serie A yang kini dihentikan.

Kondisi ini jelas akan membuat jadwal pertandingan para klub Serie A menjadi kacau balau macam kondisi jalanan ibukota hari senin jam pulang kerja dan habis hujan pula. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana “mentok”-nya jalanan yang diiringi bunyi klakson.

Sama seperti itu, Serie A juga akan mengalami kondisi yang serupa. Apalagi bagi tim-tim yang masih harus menjalani laga di kompetisi Eropa.

Juventus, Napoli, dan Atalanta jadi wakil Italia tersisa di Liga Champions. Sedangkan Inter Milan dan AS Roma masih bersaing untuk merebut gelar Liga Europa.

Kalau begini lebih baik dibatalkan saja gelaran liga musim ini. Langsung kocokan saja untuk menentukan peringkat. Jadi lebih seru juga pasti karena tim-tim macam Lecce atau SPAL punya kemungkinan jadi juara kalau begitu, tidak Juventus terus.

Italia sendiri masuk dalam daftar tiga teratas negara yang tedampak corona setelah China dan Korea Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here