Manchester City sedang dirundung masalah terkait dengan pelanggaran Financial Fair Play (FFP). City pun diancam dengan hukuman larangan tampil di kompetisi Eropa selama dua tahun. Walau demikian Pep Guardiola mengaku akan tetap bertahan bersama City.

Seperti diketahui bahwa UEFA memberikan sanksi kepada City berupa larangan tampil di Champions League maupun Europa League hingga musim 2022/2023 nanti. Walau tidak dilarang, tapil City juga tidak bisa tampil di Piala Gubernur Jatim.

Tak hanya itu, City juga dijatuhi denda sebesar 30 juta euro atau sekitar 445 miliar rupiah akibat pelanggaran yang mereka lakukan.

Kasihan sebenarnya City ini. Habis melewati musim-musim indah saat menjuarai Premier League secara beruntun, kini nasib mereka berputar 180 derajat.

Beruntung tim-tim macam Arsenal dan Manchester United dikabarkan akan menjalankan aksi solidaritas dengan tak bermain di Champions League. Benar-benar sepak bola ini lebih dari sekedar olahraga.

Keputusan hukuman itu diberikan setelah City dianggap melakukan manipulasi pada laporan keuangan klub dari tahun 2012 hingga 2016. Saat ini City disebut sedang mempersiapkan diri untuk melakukan banding.

https://twitter.com/FootyHumour/status/1229142384337915908?s=20

Situasi ini jelas akan berdampak buruk bagi kondisi internal klub dimana para pemain kemungkinan akan memilih untuk meninggalkan City demi memastikan diri bermain di Champions.

Apalagi pemain-pemain City ini bisa disebut sudah banyak yang pemain kelas satu. Kalau hanya bermain di liga lokal saja, nanti pasti dicengin sama teman-teman se-grup WA-nya. Ada yang iseng mengirimkan video, tahunya lagu liga Champions lah, dan semacamnya.

Pep Guardiola bahkan juga disebut akan meninggalkan Etihad Stadium di akhir musim walaupun masih memiliki kontrak hingga 2021. Ia dikabarkan sedang di-pdkt sama Juventus agar setuju pindah di musim panas nanti.

Namun Guardiola ini sudah cinta mati sama “siti”. Ia mengatakan dirinya akan ikut kemanapun City pergi.

“Ini adalah waktu bagi kita untuk tetap bersatu. “Dengar ya, di liga apapun kita, saya akan tetap di sini,” kata Guardiola dikutip dari Detik. “Sekalipun seandainya mereka menempatkan kita di League Two, saya akan tetap di sini.”

Tidak hanya dilarang bermain di Liga Champions, Man City juga terancam pengurangan poin yang memungkinkan kehilangan gelar juara Liga Inggris 2013/14.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here