Chelsea resmi mendapatkan kiper baru, Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao. Tak hanya itu, tranfer Kepa menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia. Kiper 23 tahun itu direkrut setelah Chelsea menyanggupi untuk menebus klausul pelepasan Kepa dari klub La Liga tersebut.

Bursa musim panas ini sebenarnya cukup menyulitkan bagi Chelsea. Selain sulit untuk mendatangkan pemain baru ke Stamford Bridge, sejak berakhirnya Piala Dunia 2018 Rusia, kiper utama mereka Thibaut Courtois juga terus digoda oleh Real Madrid.

The Blues” sebenarnya sempat melakukan satu langkah yang kalau sedang main catur bisa dibilang langkah mati gaya, karena tidak tahu mau jalan ke mana. Akhirnya asal-asalan saja menggerakan bidak. Istilahnya agar tidak banyak makan waktu dan permainan bisa berlanjut.

Mau itu bidak mati juga tidak masalah. Paling sering adalah pion yang tentunya bidak paling lemah, dikorbankan pada satu langkah tersebut.

Hal ini mirip dengan kelakukan Chelsea saat membeli kiper berusia senja bernama Rob Green yang berstatus free transfer setelah dirinya tidak diperpanjang oleh Hudderfield Town.

Bursa transfer Premier League tinggal beberapa hari lagi akan ditutup. Tiba-tiba saja Chelsea melakukan langkah berani dengan menebus klausul pelepasan Kepa dari Bilbao. Hal tersebut diumumkan Chelsea melalui website resmi mereka tidak lama setelah sang pemain melakukan teken kontrak baru.

“Chelsea Football Club dengan senang hati mengumumkan perekrutan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao. Kiper Spanyol berusia 23 tahun itu datang menjelang musim baru Premier League dan telah menandatangani kontrak selama tujuh tahun di Stamford Bridge,” tulis Chelsea dikutip dari Detik.

Chelsea sendiri tidak mengumumkan berapa biaya yang mereka keluarkan untuk mendatangkan Kepa. Namun Kepa bisa pindah karena klausul rilisnya yang bernilai 80 juta euro telah ditebus. Kepa sendiri menerima kontrak selama tujuh tahun lamanya di Stamford Bridge. Jauh melebihi masa jabatan presiden RI satu periode.

Tentu saja ada dua hal yang cukup bikin kaget warganet sedunia. Pertama soal mahalnya sang pemain, kedua soal durasi kontrak yang sampai tujuh tahun. Alhasil, semua jadi pada kepo apa pertimbangan Chelsea merekrut si Kepa.

Namun, Direktur Chelsea Marina Granovskaia langsung menjawab ke-kepo-an para warganet. Katanya Kepa sudah lama dipantau oleh klub. Adapun kontrak berdurasi tujuh tahun diberikan karena klub yakin kiper masa depan Spanyol itu bisa mendatangkan kesuksesan.

“Kepa adalah bakat yang kami kagumi sejak lama dan kami sangat gembira dengan kedatangannya. Dia telah menunjukkan kualitas dan konsistensi yang luar biasa dan akan menjadi bagian besar dari keberhasilan Chelsea di tahun-tahun mendatang,” kata Granovskaia di situs resmi klub, di-copas lagi dari Detik.

“Kontrak jangka panjangnya mencerminkan keyakinan yang kami miliki kepadanya dan kami siap menatap depan untuk musim mendatang dengan rasa optimismtis yang sangat besar,” lanjutnya.

Yang pasti, hal ini jelas menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia saat ini mengalahkan Alisson yang dibeli Liverpool dari AS Roma beberapa waktu lalu. Alisson praktis hanya menikmati status sebagai kiper termahal dunia dalam beberapa hari saja.

Kasihan juga sebenarnya, baru merasakan nama Alisson di puncak teratas kiper termahal versi Wikipedia usai mengalahkan Gianluigi Buffon, tapi harus tergusur dalam waktu hitungan hari. Ya setidaknya pernah menjadi yang pertama, mungkin begitu pikirnya tetap bersyukur.

Pembelian ini juga bisa dibilang sebuah langkah nekat dari Chelsea. Namun hal tersebut dapat dimaklumi. Sebab Courtois saja menunjukan sikap-sikap sangat ingin hengkang dari Stamford Bridge dan akhirnya kejadian. Kiper jangkung asli Belgia itu resmi mendarat di Madrid hanya selang setengah jam saja sebelum kabar kedatangan Kepa.

Daripada memasang si hijau Green sebagai penjaga gawang utama, lebih baik cari kiper yang sepertinya punya kualitas setara Courtois. Mau cari kiper bagus namun tenggat transfer sudah terlalu mepet. Daripada tawar menawar, lebih baik langsung sodorkan uang, pemain pun langsung didapatkan. Enak memang kalau jadi klub kaya.

Meski begitu tranfer Kepa memang berisiko. Sebab kualitas sang pemain sendiri belum terbukti jelas. Pengalamannya juga masih belum banyak, masih seperti cipratan saos sambal di tutup botolnya.

Kalau lihat review di Youtube, sudah pasti yang bagus-bagus saja yang dikasih lihat. Paling-paling prestasi terbesarnya adalah ditawar oleh Real Madrid. Ditolak pula olehnya. Mungkin baru menyesal sekarang si Kepa karena Chelsea yang menebusnya.

Di level timnas, kiper berwajah ganteng reformis itu cuma sekali saja memperkuat Spanyol. Maklum, namanya kalah besar dari David de Gea.

Namun, Kepa tak perlu khawatir kesulitan beradaptasi di Stamford Bridge. Di Chelsea sudah ada lima pemain berkebangsaan Spanyol. Seperti Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Cesc Fabregas, Pedro Rodriguez, dan Alvaro Morata.

Kepa yang kalau ingin tahu namanya berubah jadi ‘Kepo’ tersebut tak perlu khawatir jadi kepo. Khawatir dia tidak bisa bahasa Inggris akhirnya jadi cengo saja mendengar pelatih bicara bahasa Inggris atau teman-temannya lagi ceng-cengan. Nanti akan ada rekannya yang bisa menerjemahkannya dalam bahasa Spanyol.

“Banyak hal yang membuat saya tertarik dengan klub ini, semua titel yang telah dimenangi, para pemain, kotanya, dan Premier League. Semuanya terakumulasi dan saya sangat senang Chelsea memutuskan untuk memercayai dan merekrut saya,” kata Kepa.

Dari penelusuran kata kunci ‘Kepa Arrizabalaga’ di Twitter, Kepa terbilang sangat potensial jadi kiper kelas dunia. Statistiknya cukup mentereng meski baru berusia 23 tahunan. Dari 30 laga di musim 2017/18, Kepa mencatat tujuh cleansheet. 

Semoga saja Kepa dapat memenuhi ekspektasi para pendukung Chelsea yang belakangan sering di-PHP oleh manajemennya.

Main photo: Twitter SportBible

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here