Monaco sepertinya ketagihan bikin tiga gol di fase gugur Liga Champions musim ini. Leg kedua perempat final melawan Borussia Dortmund lagi-lagi mereka mencetak tiga gol. Sampai saat ini setidaknya mereka masih belum bosan.

Klub asal Prancis itu memang cukup nyaman memulai pertandingan leg kedua. Pasalnya, leg pertama mereka menang 3-2. Jadi pada leg kedua ini mereka cukup menahan imbang saja. Kalaupun kalah jangan lebih dari dua gol.

Perjalanan makin enak saat Kylian Mbappe mencetak gol pertama saat pertandingan baru berjalan tiga menitan. Itu penontonnya juga mungkin baru duduk di bangku stadion sambil memesan minuman, tapi sudah terjadi gol saja.

Monaco kian digdaya setelah Radamel Falcao mampu menggandakan keunggulan lewat sundulan kepala klimisnya. Gol tersebut sukses menjadikannya sebagai striker paling efektif sepanjang sejarah di Liga Champions.

Pemain asal Kolombia itu mencetak 45 gol dari 50 laga dengan angka rata-rata 0,9 gol per pertandingan. Mengungguli Gerd Mueller (0,87), Stephane Guivarc’h (0,86%), Ferenc Puskas (0,86), dan Lionel Messi (0,83).

Dortmund sempat memperkecil ketinggalan lewat Marco Reus yang menjebol gawang Danijel Subasic dengan telak banget. Kalau kata komentator Indonesia pasti sudah keluar kata “jebret”.

Monaco akhirnya memastikan kemenangan jadi 3-1 setelah Valere Germain yang baru masuk lapangan langsung bisa bikin gol, mengolongi kiper Roman Buerki yang tak pakai sarung.

Kemenangan ini memastikan mereka melangkah ke semifinal, sekaligus jadi tim Prancis pertama setelah Lyon pada 2009/10 yang masuk ke babak semifinal.

Mereka lagi-lagi membuat tiga gol dalam fase gugur. Striker-striker Monaco seakan ketagihan bikin tiga gol, seperti ketagihan mecin tingkat dewa. Sebelumnya, Mbappe dan kawan-kawan senasib sepenanggungannya itu membobol gawang Manchester City (3-5 dan 3-1) dan Dortmund (3-2 dan 3-1).

“Para pemain memberi penampilan level tertinggi malam ini. Saya sangat bahagia dengan para pemain. Mereka akan bermain di semifinal mewakili Prancis, negara ini jarang punya wakil di semifinal turnamen sekelas Liga Champions,” kata pelatih Leonardo Jardim.

Main photo credit: ESPN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here