Edinson Cavani lagi ramai diperbincangkan di dunia maya. Netizen maha benar menyebutnya rasis gara-gara postingan Cavani di IG Story. Benarkah Cavani bersikap rasis?

Dalam sebuah IG Story-nya, Cavani membalas salah seorang yang memberikan pujiannya dengan ucapan, “Gracias negrito!“. Kata “negrito” bikin geger dunia perasisan.

Sontak SJW-SJW ngehe yang sedikit-sedikit bilang rasis, meramaikan postingan itu. Cavani pun langsung menghapusnya dan FA langsung menyelidikinya.

Di dunia maya pun muncul dua kubu. Orang yang bilang rasis tapi ada juga yang bilang tidak rasis. Memang, setelah dikaji lagi, kata “negrito” sebenarnya hanya untuk panggilan sayang kepada teman-teman berkulit hitam.

Kadang-kadang nih, netizen suka salah mengartikan kata “rasis”. Setiap orang bilang “hitam” apa-apa langsung dibilang rasis. Padahal, menurut KBBI saja, “rasialisme” merupakan prasangka berdasarkan keturunan bangsa; perlakuan yang berat sebelah terhadap (suku) bangsa yang berbeda-beda.

Orang baru dianggap rasis apabila ada sikap membedakan seseorang dan memandang rendah suku atau ras tersebut, termasuk kulit berwarna.

Cavani juga mencoba menjelaskan bahwa di Uruguay, negrito tak berarti ofensif untuk menyerang warna kulit tertentu. Itu merupakan cara untuk menyapa kawan akrab, yang memberi ucapan usai Southampton vs MU.

“Pesan yang saya unggah setelah pertandingan hari Minggu bermaksud sebagai sebuah ucapan keakraban untuk kawan. Berterima kasih atas ucapannya setelah laga,” kata Cavani menjelaskan di situs resmi MU.

Mungkin sama halnya di sini, kita suka panggil “Item” ke teman kita yang berkulit rada gelap. Padahal tidak maksud rasis, tapi memang panggilan sayang saja begitu.

Cuma kesalahan Cavani, beliau mem-posting-nya di media sosial. Di medsos, yang follow dia kan bukan orang Uruguay saja. Jadi bagi orang yang tak paham, pasti langsung judge rasis.

SHARE
Previous articlePencetak Gol ‘Legend’ itu Telah Berpulang
Next articleMaksud Hati Mengenang Seniornya, Messi Terancam Didenda
Bolatory memberikan informasi terkini tentang sepakbola dilengkapi data dan analisis dengan gaya penulisan sesuka hati, loncat ke sana-ke sini, serta menghiraukan semua masalah di muka bumi ini. Tapi kami bukan kera sakti, kami adalah Bolatory.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here