Pemain muda berbakat harapan bangsa, Hakan Calhanoglu, harus mengakhiri musim ini lebih awal. Bukan karena cedera apalagi kuliah S2, melainkan karena terkena skorsing dari FIFA atas pelanggaran hukum soal transfer.

Bursa transfer ternyata memang tak semudah mentransfer uang di ATM. Tinggal masukkan pin, ketik bank yang dituju, masukkan uangnya minimal 50 ribu rupiah, tidak bisa cuma seribu rupiah.

Sedangkan bursa transfer di sepak bola rupanya lebih ribet. Kadang mesti lewat agennya dulu kemudian bayar kompensasi segala macam. Ribet-nya kayak ibu-ibu pengajian mau tur ke luar kota.

Kasus yang dialami dianggap melanggar kontrak dengan klub lamanya, Trabzonspor. Rupanya, pada 2011 saat sedang ada masalah dengan kontrak di antara hubungan mereka berdua, Calhanoglu malah pindah ke Karslruhe, Jerman.

Di situlah, Calhanoglu pria ganteng asli Turki itu mulai berkarier di persepakbolaan Jerman. Dari situ dia jadi kutu loncat kayak mahasiswa baru lulus kuliah, pindah ke Hamburg kemudian pindah lagi ke Bayer Leverkusen.

Trabzonspor rupanya tak terima dengan kelakuan pemain berusia 22 tahun itu. Mereka membawa masalah ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau disingkat CAS, tapi tak ada hubungannya dengan ‘cas’ handphone.

CAS kemudian membuat keputusan untuk menskors Calhanoglu selama empat bulan. Tentu saja, Leverkusen yang paling rugi. Dia harus kehilangan salah satu andalannya musim ini, yang kabarnya juga diincar banyak klub besar.

Leverkusen tidak melakukan apa-apa tapi kena getahnya. Mirip dengan anak ABG ketangkap kru 86 NET TV, “Saya tidak tahu apa-apa pak, cuma ikutan di sini aja nongkrong sama teman-teman.”

“Jelas ini pukulan besar bagi Hakan dan juga kami. Leverkusen tidak ada hubungan apa-apa dengan ini tapi juga dihukum. Sekarang kami kehilangan pemain paling penting. Kami sangat menyesalkan keputusan ini di mana kami tak bisa memahaminya,” ujar Direktur Olahraga Leverkusen, Rudi Voeller, gagal paham.

Main photo credit: Pinterest (wettmaxx.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here