Warna biru dan merah seakan telah menjadi identitas Barcelona dari dahulu kala hingga saat ini. Sejumlah kisah mengiringi sejarah terbentuknya identitas kedua warna tersebut menjadi warna kebanggan Barcelona.

Kenapa warna biru dan merah? Karena kalau mau pakai warna kuning sudah identik dengan Golkar soalnya. Tapi bukan seperti itu alasan warna biru dan merah menjadi dua warna sakral yang melekat erat dengan sejarah panjang klub asal Catalan.

Biru dan merah sendiri sampai jadi salah satu nama julukan Barcelona yaitu Blaugrana yang berasal dari bahasa Catalan.

“Blau” berarti biru seperti obat pemutih baju yang juga sebagai obat gondongan. Sementara “grana” berarti merah.

Sejumlah kisah sendiri mengiringi sejarah terbentuknya identitas Barcelona yang menggunakan pola jersey bergaris dengan kedua warna tersebut.

Kecuali pada beberapa edisi, seperti musim 2019/2020, dimana Barcelona menggunakan pola kotak-kotak macam celana anak punk.

Ternyata salah satu teori justru berasal dari pinggiran kota tempat mereka kena lagu “you know I’ll go get” yaitu Liverpool.

Pada bulan Desember tahun 1899, anggota klub resmi memilih kedua warna dan pola tersebut setelah beberapa waktu sebelumnya diadakan rapat untuk menyepakati hal itu.

Witty bersaudara, Arthur dan Ernest, merupakan dua sosok yang memiliki andil dalam pemilihan keputusan tersebut.

Mereka mengajukan warna tersebut karena terinspirasi warna tim rugby Merchant Taylors, sekolah mereka di Crosby, sebuah kota di pinggiran Liverpool. Kira-kira hanya beberapa belas ribu kilometer dari Wates, Yogyakarta.

Setelah itu, Hans Max Gamper-Haessig, yang nama panggung alias bekennya adalah Joan Gamper, sang pendiri klub, menyetujui ide tersebut. Ada kemungkinan besar karena klub yang ia dirikan sebelumnya, FC Basel, telah mengenakan warna yang sama.

“Cerita dari keluarga para pendiri klub menjadi teori yang paling memungkinkan tentang mengapa klub ini memilih dua warna tersebut, dan teori tersebut juga didukung oleh klub.”

“Mungkin suatu hari nanti, dalam keadaan yang tak diduga, sebuah dokumen akan muncul untuk mengkonfirmasi teori ini. Hingga hari itu tiba, kami akan terus mendukung teori itu sebagai teori yang paling memungkinkan,” bunyi pernyataan resmi klub.

Teori lain menyebut warna tersebut berasal dari warna tinta yang banyak digunakan saat itu. Ada juga yang mengatakan Revolusi Prancis yang identik dengan kedua warna tersebut menjadi inspirasi dipilihnya kedua warna tersebut.

Meski tidak ada yang pasti, namun warna sebuah klub rugby dari pinggir kota Liverpool diyakini menjadi inspirasi warna Barcelona saat ini. Hal ini didukung dengan fakta bahwa para pendiri Barcelona yang berasal dari berbagai negara termasuk Catalonia, Swiss, Jerman, dan Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here