Satu-satunya perwkilan Indonesia yang bisa mengharumkan nama bangsa di ajang AFC Cup harus tersingkir secara dramatis. Bermain pada leg kedua semi final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, “Macan Kemayoran” takluk atas tim tamu asal Singapura.

Anehnya, tim lawan tetap memakai nama Home United padahal mainnya away. Kalau bahasa Indonesianya adalah Kandang United. Sedangkan jika bermain away bisa juga namanya diganti menjadi Tandang United.

Padahal jelas-jelas mereka sedang main di Indonesia yang hitungannya adalah kandang dari Persija. Namun mereka tidak memakai nama Away United. Seharusnya Persija lah yang memakai nama Home.

Bermain di hadapan ribuan Jakmania yang hadir, Persija takluk 1-3 atas tamunya tersebut. Kekalahan tersebut membuat agregat menjadi 3-6 setelah pada leg pertama persija juga kalah 2-3.

Pada pertandingan tersebut, Persija memang tidak memainkan kiper utama Andritany yang sedang absen beberapa minggu ini. Jelas bukan karena kabur dari rumah dan menginap di warnet untuk main game online, tapi kiper utama Persija tersebut sedang mengalami cedera. Tugasnya pun digantikan oleh kiper muda Rizky Darmawan.

Namun Persija yang butuh kemenangan malah kebobolan terlebih dahulu pada menit-menit awal. Gol terjadi bukan karena kehebatan pemain Home United, namun karena Rizky yang salah mengantisipasi bola pada menit keenam.

Mungkin dulunya ia sering main voli dan berperan sebagai tosser, jadi mendapat bola seperti itu Rizky langsung reflek dan tidak menangkapnya.  Pemain Home United bernama Shahril Ishak kemudian menyundul bola tersebut. Sepertinya Ishak jarang main voli, jadi untungnya dapat bola tersebut tidak lantas di­-smash olehnya sambil menyanyikan lagu “I Heart You”.

Tertinggal 0-1 membuat Persija bermain lebih menekan dan melakukan serangan-serangan “mengejar layangan di jalan tol” alias berbahaya.  Beberapa menit kemudian penetrasi dari Novri Setiawan memaksa bek Home United melakukan pelanggaran yang berujung tendangan penalti.

Marko Simic yang menjadi eksekutor sukses menyelesaikan tugasnya. Tendangan Simic sebenarnya sempat dibaca oleh Rudy Khairullah meski tidak ada subtitle-nya. Namun sepakan Simic terlalu keras untuk dibendung oleh Khairullah.

Home United kembali unggul setelah wasit Mohammed A Alkhudhayr menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Rezaldi Hehanusa. Padahal pada tayangan ulang terlihat bahwa Rezaldi hanya merangkul Shahril Ishak. Maklum, mungkin mereka teman lama. Tapi wasit melihat itu sebagai pelanggaran.

Kiper Persija, Rizky, sebenarnya sempat menepis tendangan tersebut, namun bola liar dengan cepat disambar kembali oleh Shahril untuk membuat Home United unggul 2-1.

“Macan Kemayoran” harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-37 setelah Jaimerson diberikan kartu kuning kedua. Namun kartu kuning yang diberikan wasit kepada Jaimerson malah dikantonginya kembali. Tidak jelas wasit ini sepertinya memang tidak niat memberikan kartunya.

Keunggulan jumlah pemain dimanfaatkan Home United dengan kembali mencetak gol di penghujung babak pertama. Umpan dari Camara diselesaikan oleh Song Ui-Young dengan sebuah sundulan otak kanan. Home United unggul 3-1.

Sebelum turun minum bahkan kiper cadangan Persija juga dihadiahi kartu merah yang tidak benar-benar diberikan dan kembali dikantongi oleh wasit. Kartu merah tersebut diterima Daryono setelah memprotes keras keputusan wasit. Pada babak kedua, tidak ada tambahan gol yang membuat skor 1-3 bertahan untuk keunggulan tim tamu yang tetap Home.

Kekalahan tersebut diakui oleh pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco karena beberapa faktor, yang salah satunya adalah karena kalah mental.

“Di ruang ganti saya mencoba mengubah situasi tapi ini memang malam yang sulit. Waktu babak pertama, wasit juga menyuruh saya duduk di bench, tidak bisa di area biasa berdiri. Saat ada pelanggaran ke Persija, wasit sendiri tidak memberi. Sementara untuk Home United cepat,” ujarnya dikutip dari Detik.

“Saya pikir Persija sudah lama tidak bermain di level internasional jadi kurang pengalaman,” tambah pelatih yang sering disapa Teco tanpa air itu.

https://twitter.com/mildandaru/status/996433396191543296

Main photo: foxsportsasia

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here