Hanya dalam jangka waktu beberapa bulan, timnas Spanyol telah berganti pelatih sebanyak tiga kali. Bukannya bermaksud untuk jadi sok playboy, namun keputusan tersebut merupakan efek dari dipecatnya Julen Lopetegui sebelum Piala Dunia dimulai beberapa saat yang lalu.

Timnas Spanyol akhirnya mengarungi Piala Dunia bersama dengan pelatih dadakan yaitu Fernando Hierro. Sayang langkah Spanyol di Piala Dunia tidak semulus kulit Raisa. “La Furia Roja” terpaksa angkat kaki setelah diusir oleh tuan rumah Rusia.

Setelah pelatih ‘dadakan’ Fernando Hierro menyelesaikan tugasnya di Piala Dunia, kini Spanyol menunnjuk Luis Enrique untuk menangani tim Matador.

Seperti diketahui bahwa Enrique merupakan salah satu pemain dengan status legenda Barcelona. Selama beberapa musim pula Enrique sempat menangani “El Barca” sebelum kontraknya berakhir pada tahun 2017 lalu.

Status yang jika sudah di-update tetap tidak bisa dihapus tersebut melekat selamanya dengan diri Enrique. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa penggawa Real Madrid banyak yang membela timnas Spanyol. Sudah bukan rahasia lagi jika Barcelona dan Madrid merupakan rival abadi macam poni Kak Seto yang dari dahulu begitu-begitu saja.

Meskipun begitu Enrique mengaku tidak memiliki masalah dengan siapapun di timnas Spanyol, termasuk Sergio Ramos.

Ramos merupakan salah satu ikon Madrid dan dipercaya untuk menjabat sebagai kapten saat Piala Dunia. Statusnya sebagai bintang “Los Blancos” diyakini beberapa orang akan menjadi masalah bagi Enrique.

https://twitter.com/BarcaTimes/status/1016294022942416901

Tak ayal rumor tak sedap pun bermunculan salah satunya tentang status Ramos sebagai kapten yang akan dicabut setelah Enrique datang. Namun rumor tersebut ditepis oleh Enrique.

“Saya tidak memiliki masalah dengan pemain manapun, sejauh yang saya tahu. Tidak ada masalah dengan Ramos, saya tidak berbicara dengannya karena saya harus menempatkan diri sesuai peran,” ujar Enrique seperti yang dikutip dari Liputan6.

“Kapten tim adalah orang yang telah memainkan pertandingan paling banyak, itulah yang saya pahami dari timnas. Rasa hormat yang penuh kepada pemain itu,” lanjutnya.

Selain itu Enrique juga berbicara lebih lanjut mengenai pemilihan pemainnya untuk kompetisi internasional selanjutnya. Pria yang usianya setengah abad dikurang dua itu mengatakan dirinya akan mengutamakan daftar yang ia miliki saat ini.

“Daftar pertama saya berisikan 70 pemain. Saya ingin memberikan daftar pertama saya karena akan selalu ada kejutan. Kami akan menjalani waktu yang menyenangkan, lihat saja,” tutupnya.

Sebelum menangani timnas Spanyol, Enrique menjadi pelatih di Barcelona selama tiga musim dari 2014 hingga 2017. Total sembilan gelar dipersembahkan Enrique untuk mantan klubnya tersebut.

Main photo: sports illustrated

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here