Sudah lihat kejadian horor yang dialami bek Osasuna, Cayetano Bonnin? Jika belum berarti Anda terlalu serius mengikuti perkembangan Pilkada DKI Jakarta yang makin aneh itu.

Bonnin mengalami patah kaki, tepatnya di daerah tulang kering akibat berbenturan dengan gelandang Real Madrid, Isco Alarcon. Kejadian itu memang tak disengaja, namun apes bagi Bonnin karena kaki Isco tepat mendarat di posisi yang kurang mengasyikan.

Semua pemain di lapangan langsung panik karena Bonnin mengerang cukup keras. Termasuk Isco yang sudah pasti merasa bersalah akibat kecelakaan itu. Bonnin langsung ditandu ke luar lapangan dan harus absen beberapa bulan ke depan.

Artinya, pemain asal Spanyol yang membela tim nasional Republik Dominika itu tak bisa bermain bola untuk sementara. Hobinya harus disalurkan ke hobi lain misalnya main PS, main Candy Crush, sampai nonton drama Korea.

Pertanyaannya, kira-kira berapa lama kah Bonnin akan absen? Jawabannya sudah pasti hanya Tuhan yang tahu. Tapi dari sisi medis, kemungkinan seorang manusia yang mengalami patah tulang tibia dan fibula harus absen sekitar enam bulan, lengkap dengan masa pemulihan dan pelatihan.

Namun, tiap kasus berbeda-beda karena tergantung dari patah berapa bagian dan seberapa parah patahnya. Sama seperti patah hati, tergantung seberapa dalam hati yang dilukainya sehingga berpengaruh pada masa galau dan move on-nya.

Lantas apa itu tulang tibia dan fibula? Anda bisa mencarinya sendiri di Google supaya lebih detail atau tanya dokter spesialis ortopedi kalau mau agak ribet.

Singkatnya, tulang tibia dan fibula adalah tulang yang menghubungkan lutut dengan pergelangan kaki. Bahasa sederhananya adalah tulang kering.

Tulang kering sendiri terbagi dua, kalau Anda memegang tulang kering Anda sendiri, berasa ada dua bagian. Yang kecil namanya fibula dan yang besar namanya tibia. Dua-duanya sama-sama tulang yang cukup keras, kalau lembek namanya ngondek.

Hasil gambar untuk tulang fibula dan tibia
Fibula dan Tibia, berteman sejak kecil. (Halilintar)

Proses pemulihannya terdapat tiga tahap. Tahap pertama adalah fase inflamasi yakni fase di mana tulang baru memulai membentuk jaringan-jaringan baru. Jangan salah, tubuh manusia sudah dirancang oleh Tuhan untuk memperbaikinya sendiri jika ada yang rusak.

Meski tak sampai seperti Wolverine yang langsung sembuh kembali setelah ditembak, beberapa bagian tubuh manusia khususnya tulang dapat bekerja untuk membentuk jaringan baru yang nantinya bisa kembali menempel ke tulang yang patah.

Fase kedua adalah reparasi yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, yakni penghasilan protein yang dapat melengkapi jaringan-jaringan pembentuk tulang. Sedangkan fase terakhir adalah fase pembentukan di mana jaringan-jaringan sudah terbentuk dan mulai matang serta siap digunakan kembali.

Sudah kebayang kan, bagaimana Bonnin akan menjalani kehidupannya yang membosankan itu. Hanya terduduk di kursi roda, sesekali berjalan menggunakan tongkat, mau pakai sepatu saja susah.

Main photo credit: Gyaandu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here