Belanda kembali meraih poin penuh pada laga lanjutan babak kualifikasi grup Piala Eropa 2020. Bertandang ke markas Estonia di A Le Coq Arena, timnas “Oranye” mengamuk dengan kemenangan telak 4-0.

Sepanjang laga Belanda benar-benar menguasai jalannya pertandingan. Dominasi total mereka tunjukan dengan penguasaan bola sampai 72 persen.

Tak hanya itu, Belanda juga melepaskan 20 tembakan ke arah gawang Estonia selama 90 menit. Berbanding hanya satu peluang yang dihasilkan oleh Estonia sepanjang laga.

Ini jadi kali kedua belanda mencetak empat gol pada jeda internasional kali ini. Sebelumnya, Belanda juga menjalani laga ‘MotoGP’ setelah saling susul menyusul gol dengan Jerman yang berakhir dengan kemenangan 4-2.

Kemenangan Belanda sekaligus membuat Estonia mau tidak mau memperpanjang rekor mereka di babak kualifikasi grup ini.

Dari lima pertandingan yang telah dijalani, Estonia mampu mencatatkan rekor 100 persen. Sayang sekali rekor tersebut bukan 100 persen menang atau 100 persen imbang, melainkan 100 persen berbaik hati memberi poin kepada lawan.

Sejauh ini Estonia belum meraih satu poin pun dan terbenam di dasar klasemen Grup C dengan nol poin.

Sementara itu Belanda juga masih tertahan di posisi ketiga dengan sembilan poin, namun punya tabungan satu laga dari Jerman dan Irlandia Utara yang sama mengumpulkan 12 poin.

https://twitter.com/TheBeardedRauI/status/1170074892693319688

Pada jalannya laga, Belanda memimpin di menit ke-17 melalui gol striker yang sepertinya hanya ngetop sewaktu zaman Winning Eleven, tapi ternyata sampai sekarang masih ada. Ryan Babel mencetak gol memanfaatkan umpan silang Daley Blind.

Dua menit babak kedua berjalan, Babel mencetak gol kedauanya yang kali ini melalui umpan silang dari sisi kanan. Skor 2-0 untuk tim tamu.

Belanda kembali menambah dua gol melalui Memphis Depay di menit ke-76 dengan sepakan klasik kotak+R2 alias placing ke tiang jauh dari depan kotak penalti.

Wijnaldum menggenapkan skor menjadi 4-0 melalui gol sundulannya tiga menit jelang laga usai. Tak ada gol lain tercipta hingga laga usai, tiga poin berhasil diraih Belanda di markas lawan.

Ronald Koeman merasa kemenangan ini mereka raih karena Estonia tidak dalam kondisi terbaik mereka.

“Saya merasa Estonia sedang tidak berada dalam kondisi terbaiknya. Pemain terbaik mereka tak ikut. Meski begitu, kami masih harus bisa mengatasinya dan disiplin dalam melaksanakan tugas. Pertandingan tidak selalu berjalan mulus,” tuturnya dikutip dari iNews.

https://twitter.com/FotMob/status/1171161068992958464

Main photo: @squawka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here