Tim nasional Belanda yang hobi pakai baju oranye bak petugas kebersihan, sukses memenangkan laga perdana Euro 2020 atas Ukraina dengan rada dramatis. Sempat unggul 2-0, Belanda lalu diimbangi 2-2, hingga akhirnya menang 3-2.

Kelima gol tersebut memang terjadi di babak kedua. Praktis, babak pertama di-skip saja karena tidak ada gol tercipta. Percuma kalau mau dibahas juga.

Langsung ke babak kedua, Belanda membuka keunggulan lewat Gini Wijnaldum saat babak kedua berjalan tujuh menit. Sebuah umpan silang mendatar Denzel Dumfries bisa dipotong kiper George Buschan.

Namun potongan Buschan benar-benar tanggung. Bola tepisan Buschan langsung disambar Wijnaldum yang berlaga sebagai kapten “Oranje” malam itu.

Enam menit kemudian, Belanda menggandakan keunggulan lewat tendangan jarak dekat pemain kurang terkenal, Wout Weghorst. Netizen gemar bola saja mungkin jarang mengenalnya, apalagi para pecinta K-Pop.

Ukraina yang dilatih Andriy Shevchenko, ternyata bisa membalas dua gol Belanda hanya dalam empat menit. Benar-benar balasan yang sangat cepat sekali.

Pertama lewat tendangan Andriy Yarmolenko yang sangat super banget. Tendangannya melengkung sudah seperti pemain-pemain profesional. Padahal dia memang pemain profesional.

Gol kedua dicetak oleh jidat samping Roman Yaremchuk. Dia memanfaatkan umpan tendangan bebas Ruslan Malinovsky yang nama depannya mirip bapak-bapak juragan kosan.

Belanda nyaris saja membawa pulang satu poin jika tidak mampu mencetak gol pada menit ke-85. Untung saja ada si Dumfries yang mencetak gol kemenangan.

Dia mencetak gol lewat sundulan kepalanya sendiri, bukan kepala orang lain. Dumfries sukses menyambut umpan silang Nathan Ake. Sebenarnya, sundulan Dumfries ini tidak terlalu kencang alias pelan, tapi pelannya juga cukup menyakitkan.

Pelatih Frank de Boer sangat senang dengan hasil ini. Meski demikian, dia mengaku sempat pusing meladeni taktik Ukraina yang diterapkan Shevchenko. Tidak diketahui De Boer minum obat apa setelah itu.

“Kami tahu jika Ukraina itu tim bagus. Ketika mendapat tekanan dari kami, mereka sanggup melayaninya dan mendapat peluang baru. Kami harus mencoba untuk tak memberikan momentum kepada lawan,” katanya dikutip Inews.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here