Dalam kurun waktu beberapa ratus ribu detik saja, Spanyol ditinggal dua pemain penting dalam sejarah sepak bola mereka. Setelah Gerard Pique memutuskan untuk pensiun, kini David Silva juga tak mau kalah dengan mengundurkan diri dari timnas Spanyol.

Beberapa hari lalu, Pique memutuskan untuk berhenti membela timnas Spanyol dan mengakhiri karier internasionalnya. Ia resmi pensiun pada usia 31 tahun, yang masih terbilang muda dan masih cukup menggemaskan. Pique mengatakan bahwa dirinya ingin fokus membela Barcelona dalam sisa kariernya.

Padahal usianya sebenarnya masih cukup prima untuk tampil sebagai di lini belakang. Kecuali jika ia sudah punya 12 cucu, mungkin baru wajar kalau Pique pensiun.

Namun ia mengatakan ingin memberikan kesempatan bagi para generasi timnas Spanyol selanjutnya. Bek “Blaugrana” tersebut mengaku telah berbicara dengan pelatih anyar Spanyol yaitu Luis Enrique.

Nah, seolah tak mau kalah dengan Pique yang sudah pensiun duluan, gelandang Manchester City yaitu David Silva juga mengemukakan hal yang sama. Mau pensiun saja saingan, padahal usia segitu masih banyak orang yang masih belum dapat pekerjaan.

Memang kerjaannya ikut-ikutan saja Silva ini. Nanti kalau Pique memutuskan untuk jadi atlet lempar lembing, jangan-jangan dia juga melakukan hal yang sama juga.

Silva menyampaikan hal tersebut melalui surat terbuka di media sosialnya. Pada surat tanpa perangko tersebut, berisi mengenai keputusannya untuk meninggalkan timnas Spanyol.

Entah apa alasannya Silva memutuskan untuk berhenti dari bela negara. Mungkin karena sudah bosan. Maklum, dia sudah membela “La Furia Roja” sudah seperti anak sekolah dari SD sampai SMA, yakni 12 tahun. Prestasinya juga sudah lengkap, dua Piala Eropa dan satu Piala Dunia.

Lalu mau cari apalagi kalau keduanya sudah didapat? Mau cari Piala Asia atau Piala Oceania sudah pasti tidak mungkin.

“Saya hidup dan bermimpi bersama tim yang akan dikenang selamanya. Ini bukan keputusan yang mudah setelah apa yang saya raih bersama tim ini,” kata David Silva dikutip dari Liputan6.

“Saya memikirkan secara matang mengenai keputusan ini. Tim ini telah memberikan saya semuanya dan membantu saya menjadi sosok serta pemain yang lebih baik. Saya pergi dengan kebanggaan dan kebahagiaan. Membawa banyak kenangan, seperti figur Luis Aragones, seorang pelatih yang tidak akan terlupakan,” lanjut David Silva.

Untuk diketahui, pada tahun ini Spanyol juga ditinggal oleh gelandang kunci mereka yaitu Andres Iniesta. Pemain berusia 32 tahun tersebut sebenarnya sudah digosipkan telah mempertimbangkan untuk pensiun sejak Spanyol tersingkir pada Piala Dunia 2018 lalu. Namun saat itu mantan pemain Valencia itu mengatakan ingin konsentrasi terlebih dahulu kepada istrinya yang telah melahirkan buah hati.

Pemain yang punya choco chips di dagu itu merupakan salah satu gelandang terbaik Spanyol yang turut menyumbangkan dua Piala Eropa di tahun 2008 dan 2012 serta satu Piala Dunia di Afrika Selatan.

Ia menjalani debut bersama timnas Spanyol pada laga persahabatan melawan Rumania di tahun 2006. Hingga saat ini pemain yang kini rambutnya tembus pandang tersebut sudah tampil pada 125 pertandingan dan mencetak 35 gol untuk Spanyol.

Main photo: virgobuzz.com

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here