Usai sudah kebersamaan Paulinho bersama Barcelona tanpa diiringi lagu Kemesraan dari Iwan Fals. Setelah satu musim berseragam “Blaugrana”, Paulinho dikabarkan akan kembali negeri Tiongkok. Bukan untuk mencari ilmu atau menemani Biksu Tong melakukan perjalanan ke barat, namun ia akan kembali bermain di Liga Super Tiongkok.

Paulinho rupanya CLBK dengan Guangzhou Evergrande yang merupakan klub asalnya sebelum hijrah ke Barcelona pada musim panas tahun lalu. Entah mengapa mantan tampak lebih meyakinkan dengan pasangannya yang sekarang.

Pemain yang merupakan bagian dari skuat Brasil yang disingkirkan oleh Belgia ini akan pulang ke Guangzhou dengan kesepakatan awal pinjaman selama enam bulan. Setelah itu opsi pembelian Paulinho akan berkisar di angka 50 juta euro.

Walaupun dapat dikatakan Barcelona mendapat banyak untung, namun agak cukup mengherankan memang transfer ‘unik’ dari Paulinho ini. Hanya satu musim, sudah balik lagi ke klub asal. Pasalnya tidak pernah ada kabar bahwa dirinya akan hengkang dari Barcelona. Tiba-tiba saja ia memutuskan kembali ke klub lamanya.

Padahal bersama Barcelona, performa Paulinho juga terhitung lumayan apik. Total sembilan gol telah ia cetak selama berseragam “El Barca”. Sembilan gol merupakan angka yang sangat banyak bagi ukuran seorang gelandang.

Apalagi dengan nilai transfer Paulinho yang cukup tinggi. Untuk ukuran pemain berusia 30 tahun, rasanya Guangzhou bisa mendapatkan pemain muda dengan kualitas yang sebanding.

Asal rajin-rajin saja mencari. Jangan cari di OLX karena akan sulit menemukan yang jual pemain bekas di sana.

https://twitter.com/Sporf/status/1016072577058525184

Rumor yang tercipta dari suara-suara warganet mengatakan bahwa transfer Paulinho sejak musim lalu memang hanya sebuah cara pencucian uang sang pemilik klub. Memang sulit sepak bola dipisahkan dari bisnis.

Kedatangan Paulinho pada musim lalu sebenarnya juga lumayan menimbulkan tanya. Tiba-tiba saja klub sekelas Barcelona merekrut Paulinho yang berasal dari klub antah berantah. Entah apa maksud transfer tersebut sebenarnya.

Setidaknya hal ini menjadi keuntungan ganda bagi Barcelona. Setelah untung dari penjualan, Barcelona juga tidak usah pusing untuk merotasi pemain tengah mereka di musim depan. Apalagi Barcelona juga dikatakan akan segera menggaet Willian dari Chelsea.

Paulinho sendiri mengaku bahwa keputusannya untuk kembali sebab ia menilai sepak bola China sangat maju dan pesat. Hal tersebut menurutnya bagus untuk para pemain.

“Level Liga Super China telah meningkat dari tahun ke tahun dan prospek pengembangannya sangat bagus. Setelah berlatih di Evergrande dan Barcelona, dan mengikuti tim nasional Brasil di Piala Dunia, saya mendapat pengalaman yang baik,” ujarnya seperti dikutip dari Sindonews.

Sementara penjualan Paulinho sendiri dikatakan pihak “Blaugrana” sebab mereka kesulitan untuk mengakomodasi kuota pemain non-Uni Eropa.

Secara keseluruhan ia telah bermain sebanyak 49 pertandingan untuk Barcelona. Ia mengemas sembilan gol dan memberikan tiga assist di semua kompetisi.

https://twitter.com/brfootball/status/1016044230412816384

Main photo: en.as.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here