Kiper kawakan nan tampan yang sepertinya bisa jadi pemeran sinetron Orang Ketiga tanpa harus casting, Gianluigi Buffon, akhirnya resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain. Buffon pun mengatakan bahwa dirinya merasa tersanjung atas kontrak yang ditawarkan PSG. Ini menjadi kali pertama Buffon bermain di klub luar negeri.

Tentu saja hal tersebut membuat bangga. Sama seperti ketika Egi Maulana Vikri direkrut klub luar negeri. Masyarakat Indonesia saja sangat senang. Hal yang sama mungkin juga dirasakan warga Italia.

Keputusan tersebut diambil Buffon setelah ia memutuskan untuk pensiun dari klub yang membesarkan namanya yaitu Juventus.

Maklum, pada gelaran liga lokal Italia, Buffon sudah hampir mencicipi semua gelar bergengsi. Apalagi dalam tujuh tahun Buffon tidak pernah absen meraih gelar Serie A. Bosan tentunya tiap tahun disuruh angkat-angkat piala di akhir musim.

Buffon  sendiri telah selama 17 tahun berseragam Juventus. Sejak diboyong dari Parma, ia belum pernah merasakan bermain di klub negara lain. Makanya dia penasaran mau angkat piala yang agak beda. Maklum, trofi Liga Champions rasanya susah banget buat diangkat.

Untuk pertama kali dalam hidupnya pula, Buffon akhirnya berkesempatan untuk membela klub luar negeri. Jelas dia kalah sama Bambang Pamungkas yang sudah sempat bermain di liga luar negeri, lalu sekarang kembali lagi ke Persija. Bahkan kalah dari Egy yang baru berusia 18 tahun tapi sudah main di Polandia.

PSG mengumumkan perekrutan Buffon melalui website resmi mereka pada Jumat (6/7/2018) yang lalu. Tidak lama-lama, sang kiper hanya dikontrak selama semusim dengan opsi perpanjangan oleh raksasa Prancis itu. Bukan musim buah mangga tapi yang setahun bisa beberapa kali.

Wajar saja hanya dikontrak semusim, sebab umur Buffon sudah menginjak usia 40 tahun. Kalau dikontrak selama 25 tahun jadi sama seperti batas pensiun PNS nantinya. Mungkin bisa saja dapat uang pensiunan nanti. Tapi dengan usia hingga tua begitu, sulit rasanya untuk mengandalakan fisik sebagai pemain sepak bola.

Perekrutan Buffon dinilai oleh CEO PSG yaitu Nasser Al-Khelaifi yang bukan saudaranya Nassar KDI, dengan maksud memberi warna tersendiri pada klub. Buffon dikatakan merupakan kiper legendaris yang bisa menularkan aura positif untuk klub.

Datang ke PSG, Buffon memang membawa segudang pengalaman. Ia telah meraih sembilan gelar Serie A, lima Coppa Italia dan satu trofi Piala Dunia.

“Karirnya yang luar biasa, serta kepribadiannya yang ambisius, menyatukan dan elegan, menjadikannya salah satu pemain yang paling dikagumi dan dihormati di dunia sepakbola,” kata Nasser Al-Khelaifi dikutip dari Sindonews.

Buffon sendiri mengaku tersanjung bisa mendapat tawaran untuk berseragam PSG. Ia senang sekali nampaknya untuk pertama kalinya bermain di luar klub Italia.

“Ini kehormatan besar untuk menandatangani kontrak bersama PSG. Untuk pertama kalinya dalam karier, saya meninggalkan Italia. Saya akan membawa semua energi, pengalaman, dan rasa lapar akan kemenangan untuk membantu klub baru saya mencapai tujuan yang akan mereka tetapkan,” kata Buffon, dikutip dari Liputan6.

Main photo: vippsg.fr

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here