Barcelona sedang berada dalam gosip hangat meski tidak sampai dibicarakan ibu-ibu saat berkumpul di meeting point a.k.a tukang sayur. Juara La Liga disebut menggunakan buzzer untuk menyerang lawan di media sosial.

Seperti diketahui buzzer merupakan hal yang sangat familiar di era digital seperti ini. Kalau di negara +62 banyak diketahui sebagai akun tuyul.

Biasanya berkeliaran jelang pemilihan umum dan sebagainya. Sejauh ini yang paling terkenal adalah cebong-kampret atau kadrun togog. Foto profil yang bukan wajah asli, akun baru dibuat, selain itu yang dibicarakan pasti itu-itu saja, kurang lebih begitu cirinya.

Buzzer ini sendiri disebut disewa oleh pihak Barcelona dari sebuah konsultan media untuk tujuan yang negatif

Perusahaan bernama I3 Ventures adalah yang digunakan Barcelona. Selain digunakan untuk memantau citra klub, perusahaan itu kabarnya memegang banyak akun Facebook dan Twitter guna menyerang mereka yang menentang presiden klub, Josep Maria Bartomeu.

https://twitter.com/Blaugranagram/status/1229649958057512960?s=20

Messi, Xavi Hernandez, Gerard Pique, hingga legenda macam Carles Puyol dan Pep Guardiola diklaim menjadi korban serangan tersebut. Selain itu, lawan Bartomeu menuju pemilihan presiden klub juga diklaim menjadi targetnya.

Kalau Messi yang dijadikan target, sudah pasti akun-akun tersebut akan berlindung dengan menggunakan topeng sebagai CR7 Mania, Ronaldoholic, atau

Bartomeu sendiri akhirnya angkat suara terkait hal tersebut. Ia sendiri mengakui bahwa Barcelona memang menggandeng I3 Ventures untuk memantau citra klub di dunia maya, namun membantah memakainya untuk menyerang seseorang.

“Kami hanya menugaskan pemantauan jaringan sosial, kami belum menugaskan untuk mendiskreditkan seseorang. Kami akan kecam orang-orang yang menuduh kami atas hal-hal seperti ini.”

“Kami melakukan semua hal dengan transparansi dan penuh tanggung jawab, yang memang diperlukan Barcelona,” jelasnya seperti dikutip dari Detik.

Main photo: kuulpeeps.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here