Barcelona bukan sekadar klub sepak bola yang cuma menendang bola. Baru-baru ini, klub akamsi Spanyol itu meluncurkan sebuah proyek baru di bidang sains, bernama Barca Innovation Hub (BIH).

Peluncuran itu untuk memperkuat positioning Barca sebagai klub yang punya perhatian besar di bidang keilmuan dan sains, termasuk inovasi teknologi dan kesehatan. BIH rencananya akan bekerja sama dengan insititusi lain seperti universitas, lembaga riset, start up, sponsor, dan juga pengusaha sampai investor.

BIH akan fokus pada lima area, yakni keolahragaan (sports), performa olahraga (sports performance), layanan kesehatan dan nutrisi (medical services and nutrition), teknologi, dan ilmu sosial. Proyek ini merupakan bagian dari rencana strategis klub Barca periode 2015-21 dan memakan biaya sekitar 1 juta euro setahunnya.

Proyek ini akan dipimpin salah seorang petinggi Barca, Jordi Mones, dan akan berlokasi di akademi La Masia dengan 15-20 karyawan. Proyek ini nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

“Kami harus berada di posisi ini untuk memenangkan segala hal. Proyek ini akan menciptakan sebuah industri olahraga yang nomor satu dalam hal ilmu pengetahuan dan inovasi. Klub memperkenalkan BIH untuk menciptakan,” ujar Mones dalam situs resmi Barcelona.

Memang kalau mau jadi klub sepak bola yang sukses, harus serius dalam mengembangkan keilmuannya. Tak cuma dari segi permainan, tapi juga secara menyeluruh dari sisi kesehatan, teknologi, dan juga ilmu sosialnya.

Hasil gambar untuk barca innovation hub
Presiden Barca, Josep Bartomeu, saat memperkenalkan BIH kepada khalayak ramai. (Source: FC Barcelona)

Perkenalan Lima Area

Dalam acara peluncuran tersebut, lima area BIH tadi juga diperkenalkan. Pertama oleh tim keolahragaan (sports) yang nantinya bertugas memahami ilmu sepak bola dan olahraga sebagai ilmu terapan. Pengetahuan ini akan jadi solusi bagi pemain untuk menciptakan sebuah permainan yang lebih kreatif.

Kedua adalah tim sports performance yang akan melihat permainan lebih spesifik lagi. Bagaimana Barca akan menciptakan ide permainan dan gaya kepelatihan yang beda, analisis dan data posisi para pemain, hingga karakteristik bermain untuk mencaga kinerja maksimal.

Ketiga, adalah tim medis dan nutrisi untuk menjaga sistem kesehatan para atlet dengan menerapkan penelitian medis di lapangan, menciptakan produk baru sesuai kebutuhan masing-masing pemain, serta meningkatkan nutrisi.

Keempat adalah teknologi yang telah menempatkan pengumpulan data dan aplikasi secara khusus untuk para pemain. Melalui analisis data dan teknologi tersebut, akan didapat sebuah gaya permainan dan perilaku para pemain di lapangan.

Terakhir, adalah area ilmu sosial yang akan berperan untuk melihat bagaimana hubungan dengan masyarakat dari proyek ini, memahami interaksi dengan pemain, meningkatkan aset digital secara maksimal dengan pendekatan dari ilmu antropologi dan sosiologi serta mencari tahu area-area lainnya yang perlu dikembangkan seperti desain dan arsitektur.

Bagaimana? Canggih bukan? Berminat masuk akademi Barcelona? Tak cuma kalian, mamang-mamang Cilok di pinggir jalan juga mau.

Main photo credit: Eurosport

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here